Harga TBS Sawit Turun

Harga TBS  Sawit Turun

DOK/RK : Harga sawit Bengkulu mengalami penurunan.--

RK ONLINE - Dari hasil rapat penetapan Harga Tandan Buah Segar (TBS) kelapa sawit yang difasilitasi Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan (TPHP) terhadap Pengusaha Kelapa Sawit (PKS) dan pihak terkait lainnya disetujui harga TBS Sawit periode minggu ke-2 bulan Januari 2022 sebesar Rp 2.022,25 per kilogram  di tingkat pabrik. Angka yang ditetapkan tersebut mengalami penurunan dari harga yang ditetapkan sebelumnya yakni Rp 2.166,65 per kilogram.

 

 

"Dari hasil rapat hari ini (kemarin,red) ditetapkan harga tertinggi Rp 2.315,00 per kilogram dan harga terendah Rp 1.729,51 per kilogram. Dan saat ini PKS sudah ada yang membeli diangka Rp 2.200 per kilogram," kata Kepala Dinas TPHP Provinsi Bengkulu, Ir. Ricky Gunarwan melaui Kepala Bidang Perkebunan Bickmen, SH, MH, MM. 

 

 

Bickmen memaparkan, penetapan harga TBS kelapa sawit sudah menjadi rutinitas dilakukan setiap dua pekan sekali per bulan. Penetapan harga melaui rapat tatap muka yang difasilitasi Dinas TPHP dengan dihadiri dinas terkait seperti Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Perindag), Dinas TPHP Provinsi dan kabupaten/kota, PKS, juga dari asosiasi-asosiasi seperti GAPKI dan Apkasindo, dan pihak terkait lainnya. 

 

 

BACA JUGA:Cangkang Sawit Bengkulu di Ekspor ke Jepang

 

 

"Rapat kesepakatan penetapan harga TBS dilakukan dengan mengumpulkan invoice-invoice dari PKS dan pihak terkait," imbuh Bickmen.  

 

Sumber: