Tingkatkan Minat Baca Masyarakat

Tingkatkan Minat Baca Masyarakat

DOK/RK : MEMBACA : Tingkat kegemaran membaca Provinsi Bengkulu terus ditingkatkan--

RK ONLINE - Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) pada tahun 2022 lalu, Provinsi Bengkulu berhasil menempati urutan 11 se-Indonesia untuk tingkat kegemaran membaca bagi masyarakatnya. Hal ini menunjukkan jika indeks literasi masyarakat Bengkulu khususnya dalam kegemaran membaca mengalami peningkatan dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

 

 

Ketua Ikatan Pustakawan Indonesia Provinsi Bengkulu, Sutriono mengatakan, pemerintah daerah harus terus mendukung dan mendorong agar prestasi yang ada terus dipertahankan dan ditingkatkan setiap tahunnya. Dukungan yang diberikan tersebut baik berupa sarana prasarana peningkat minat dan kegemaran membaca, sumber daya manusia, maupun kebutuhan lainnya.

 

 

"Alhamdulillah di Bengkulu tingkat kegemaran membacanya sudah membaik. Jika terus didorong itu bisa menuju 10 besar bahkan lebih baik lagi," ungkap Sutriono.

 

 

Ia menambahkan, ada beberapa indikator yang bisa menjadi ukuran tingkat kegemaran membaca masyarakat diantaranya periode atau lama masyarakat membaca buku dalam sehari, banyaknya mengakses internet dalam sehari, dan indikator lainnya.

 

 

"Banyak sampel dan indikator yang menjadi bahan penghitungan tingkat kegemaran membaca. Tapi intinya di Bengkulu alhamdulillah tingkat membaca mulai membaik," ujar Sutriono.

 

Sumber: