Gegara Ini, Dinsos Keluhkan Penyaluran Bansos Kemensos

Gegara Ini, Dinsos Keluhkan Penyaluran Bansos Kemensos

DOK/RK : Kepala Dinas Provinsi Bengkulu, Dr. H Iskandar Zo, SH, M.Si--

RK ONLINE - Kepala Dinas Provinsi Bengkulu, Dr. H Iskandar Zo, SH, M.Si meminta Kementerian Sosial (Kemensos) RI dapat mengoreksi metode penyaluran bantuan sosial (bansos) yang dilakukan ke daerah.

 

 

Hal ini lantaran kebijakan penyaluran bansos  dalam beberapa tahun terakhir yang langsung melalui pihak penyalur menimbulkan berbagai persoalan. Salah satu persoalan tersebut yakni tidak adanya informasi yang disampaikan Kemensos terkait penyaluran bantuan kepada Dinsos, sehingga kerap kali masyarakat menyalahkan pihak Dinsos. 

 

 

"Kalau kita melihat tren ke belakang itu, penyaluran bantuan langsung dari pihak penyalur. Baik itu bantuan dalam bentuk program PKH yang melalui bank himbara begitu juga bantuan sembako atau dulu namanya bantuan pangan non tunai yang juga melalui himbara, serta ada lagi bantuan langsung tunai yang disalurkan melalui kantor pos. Dan kami sendiri Dinas SosialPprovinsi, Dinas Sosial kabupaten/kota tidak pernah mendapat informasi," ungkapnya, Kamis (12/1). 

 

 

Iskandar menyebut, sebelumnya pihak Dinsos Provinsi dan kabupaten/kota lebih awal mendapat surat, apakah surat keputusan atau surat pemberitahuan dari Kemensos atau ada SK Dirjen dan diinformasikan terkait penyaluran bantuan. 

 

 

"Dulu dinformasikan akan disalurkan kapan, misalnya minggu pertama bulan atau triwulan pertama dan kita diminta untuk melakukan sosialisasi. Nah sekarang berubah, kita tidak pernah mendapat informasi di awal. Bahkan kita ingin tahu siapa penerima juga tidak tahu," sampainya. 

 

Sumber: