Kuota Jamkesda Bertambah 1.500 Orang

Kuota Jamkesda Bertambah 1.500 Orang

DOK/Net : Ilustrasi Jamkesda--

RK ONLINE - Plt Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Rejang Lebong Rephi Meido Satria mengatakan kuota program Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda) untuk tahun 2023 hanya bertambah 1.500 orang dari tahun sebelumnya 10.029 orang.

 

 

"Dari yang kita usulkan untuk mencapai Universal Health Coverge atau UHC, sebanyak 26.000 orang namun dalam perjalanannya anggaran untuk program ini dipangkas Rp 8,5 miliar, dengan jumlah ini hanya bertambah 1.500 orang dari tahun sebelumnya," ujarnya.

 

 

Ditambahkannya, anggaran program Jamkesda yang bersumber dari APBD Rejang Lebong tahun 2023 sebelumnya diusulkan sebesar  Rp 20 miliar. Namun karena anggarannya berkurang tinggal Rp 11 miliar sehingga masyarakat tidak mampu yang belum terdaftar sebagai peserta JKN-KIS hanya sebagian kecil saja yang bisa diakomodir.

 

 

Untuk diketahui peserta Jamkesda terintegrasi dengan BPJS Kesehatan ini hanya diberikan kepada warga yang sakit dan menjalani rawat inap saja. Sedangkan untuk peserta baru belum bisa mereka daftarkan sebagai peserta JKN-KIS.

 

 

BACA JUGA:Dinkes Usulkan Rp 20 Miliar Untuk Jamkesda

 

Sumber: