TPA Sampah Hampir Overload, Ini Langkah DLH

TPA Sampah Hampir Overload, Ini Langkah DLH

DOK/IST/RK : MENGGUNUNG : Tumpukan sampah di TPA sampah yang ada di Desa Air Kopras Kecamatan Pinang Belapis sudah tampak menggunung. --

RK ONLINE - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Lebong saat ini mulai mempersiapkan lahan untuk dijadikan sebagai Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah.

 

 

Alasannya karena TPA sampah saat ini yang berada di Desa Air Kopras Kecamatan Pinang Belapis hampir overload. Bahkan diperkirakan hanya mampu menampung sampah masyarakat kurun waktu 5 tahun kedepan.

 

 

Kepala DLH Lebong Indra Gunawan, S.Pi, M.Si menjelaskan bakal TPA sampah yang baru lokasinya juga berada di Desa Air Kopras Kecamatan Pinang Belapis. Namun lebih sedikit jauh masuk dari lokasi TPA sampah saat ini. Sebagai sarana pendukung, akses masuk sudah dibangun jalan hotmix.

 

 

"Luasannya sekitar 5 hektare. Saat ini kami mulai menyiapakan segala syarat administrasinya sebelum nanti bisa digunakan sebagai TPA sampah yang baru, " kata Indra.

 

 

Lebih jauh dijelaskannya, ditahun 2021 lalu dengan jumlah penduduk Lebong sebanyak  108.728 jiwa, timbulan sampah total perhari mencapai 43.491,2 kg.

 

Sumber: