Ajukan Pemanfaatan Ekohidrologi

Ajukan Pemanfaatan Ekohidrologi

FOTO/TIM RIRI : Anggota DPD RI, Hj. Riri Damayanti John Latief. --

RK ONLINE - Manusia dan hampir seluruh makhluk hidup sangat bergantung dengan air dalam bertahan hidup. Perkembangan ekonomi yang pesat ternyata berdampak terhadap perubahan iklim, menimbulkan ancaman ekstrem terhadap akses air bersih dan layak bagi manusia. 

 

Anggota Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia Hj Riri Damayanti John Latief mengatakan, harus ada gerakan antisipasi atas bahaya krisis air untuk kedepannya, yang bisa timbul kapan saja mengganggu keseimbangan kehidupan serta ancaman keberlanjutan bagi umat manusia.

 

 

"Pola hidup hemat air mesti terus disosialisasikan, minimal di lingkungan terdekat di keluarga. Kenapa harus pakai 2 ember kalau satu ember cukup. Boros air bisa berimbas mengganggu stok persediaan sampai bisa menimbulkan kekeringan akhirnya mempengaruhi kehidupan seluruh makhluk hidup," sampainya, Senin (9/1).

 

 

Lulusan Magister Manajemen Universitas Bengkulu ini menilai, pada beberapa pertemuan dengan masyarakat, ia ada mendengar keluhan masyarakat akan ancaman krisis air dan mengganggu stabilitas kebijakan sumber daya air yang berkelanjutan.

 

 

"Yang pakai PDAM masalah-masalah yang dilaporkan terkait kebocoran pipa misalnya. Pernah terjadi di Kota Bengkulu dan sejumlah kabupaten lainnya. Ada juga terjadi akibat kerusakan bendung sehingga di Seluma 4.000 petani di Kecamatan Semidang Alas Maras Seluma untuk mengairi sawahnya," ujarnya Hj Riri Damayanti John Latief.

 

 

Sumber: