Potensi Sarang Walet Tinggi

Potensi Sarang Walet Tinggi

DOK/RK : SARANG WALET : Sarang walet Bengkulu menjadi salah satu komoditi potensi ekspor--

RK ONLINE - Stasiun Karantina Pertanian Kelas I Bengkulu menyebut potensi sarang burung walet di Bengkulu masih cukup tinggi. Potensi ini juga yang mendukung pemenuhan kebutuhan sarang walet untuk ekspor ke luar negeri. 

 

 

Kepala Karantina Pertanian Bengkulu, Drh. Bukhari, MM melalui Kepala Urusan Teknis, Metiya Handayani, SP mengungkapkan, potensi ekspor sarang burung walet di daerah masih cukup tinggi baik bahan mentah maupun sarang burung walet yang telah diolah. 

 

 

"Salah satu komoditi ekspor Bengkulu yakni sarang burung walet, ada ratusan kilogram telah diekspor hingga ke luar negeri beberapa waktu lalu yakni dari Bengkulu ke Taiwan," kata Metiya.

 

 

Komoditas sarang burung walet asal Bengkulu sebagian di ekspor langsung dari Bengkulu dan juga di ekspor melalui provinsi lain seperti Jakarta dan Surabaya. Hal tersebut dilakukan mengingat pengekspor sarang burung walet harus mengumpulkan sarang burung walet terlebih dahulu sebelum di ekspor ke luar negeri.

 

 

Adapun negara tujuan ekspor sarang burung walet ini, terbesar berasal dari Republik Rakyat Tiongkok (RRT) dan Taiwan. Selain itu, sarang burung walet juga sudah menembus pasar Australia, Singapura, Eropa, dan Amerika Serikat.

 

Sumber: