Inflasi Tahunan Kota Bengkulu 5,92 Persen

Inflasi Tahunan Kota Bengkulu 5,92 Persen

DOK/RK : GRAFIS : Perkembangan inflasi Bengkulu bulan Desember 2022--

"Inflasi pada Desember 2022 disumbangkan oleh komoditas antara lain daging ayam ras, air kemasan, beras, telur ayam ras, rokok kretek filter, jengkol, emas perhiasan, ikan tuna, petai, dan angkutan antar kota," tambahnya.

 

BACA JUGA:Inflasi Bulanan Naik 0,05 Persen

 

Sementara pengendali besarnya inflasi di Desember 2022 dipengaruhi dengan turunnya harga cabai merah, angkutan udara, bawang merah, daging sapi, popok bayi sekali pakai/diapers, ikan kape-kape, kopi bubuk, kentang, ikan dencis, dan ikan nila.

 

 

Di pulau Sumatera dari 24 kota di yang dipantau BPS pada bulan Desember 2022 lalu, semuanya mengalami inflasi. Angka inflasi tahunan (y-on-y) tertinggi di wilayah Sumatera terjadi di Bukit Tinggi sebesar 7,76 persen, sedangkan inflasi terendah terjadi di Tanjung Pandan sebesar 4,17 persen.

 

Sementara untuk inflasi bulanan (m-to-m) inflasi tertinggi terjadi di Gunung Sitoli dengan inflasi sebesar 1,79 persen, dan inflasi terendah terjadi di Bengkulu sebesar 0,23 persen.

 

 

"Dengan angka inflasi sebesar 5,92 persen, Kota Bengkulu menempati urutan ke-16 di wilayah Sumatera," singkat Win Rizal.

Sumber: