22 Korban Tewas

22 Korban Tewas

DOK/RK : Kapolres Kepahiang, AKBP. Yana Supriatna, S.IK, M.Si. --

RK ONLINE - Diketahui, sepanjang tahun 2022 lalu angka kecelakaan di Kabupaten Kepahiang meningkat dari tahun 2021 lalu. Jika pada tahun 2021 angka kecelakaan berada diangka 40-an kejadian, maka di tahun 2022 meningkat menjadi 47 kecelakaan.

 

Mayoritas kecelakaan yang terjadi di tahun 2022 ini merupakan kecelakaan tunggal. Untuk korbannya sendiri tercatat 22 korban meninggal dunia, 28 korban mengalami luka berat, dan 30 korban mengalami luka ringan dengan kerugian materil mencapai Rp 102 juta.

 

Kapolres Kepahiang Polda Bengkulu, AKBP. Yana Supriatna, S.IK, M.Si mengungkapkan, angka kecelakaan di Kabupaten Kepahiang meningkat dari tahun sebelumnya. Untuk tahun 2021 korban yang meninggal dunia akibat kecelakaan berkendara hanya 13 korban, luka berat 29 korban, dan luka ringan 38 orang dengan kerugian materil Rp 208 juta.

 

"Kalau dilihat dari kerugiannya, memang lebih besar tahun 2021 lalu yakni diangka Rp 208 juta. Kecelekaan yang terjadi di Kabupaten Kepahiang ini mayoritas kecelakaan tunggal," kata Kapolres yang didampingi Wakapolres, Kompol Andi Kasdesma, S.IK, M.Si, Kabag Ops. AKP. George Rudiyanto, SM dan Kasat Lantas, Iptu. Bole Susanja, M.Si pada release akhir tahun 2022.

 

Ditambahkan Kapolres, untuk mayoritas korbannya juga masih merupakan anak - anak dan remaja. Sementara untuk faktor terjadinya kecelakaan, selain kelalaian pengendara kendaraan, juga ada yang terjadi karena faktor jalan yang menikung serta kurangnya penerangan jalan pada malam hari.

 

BACA JUGA:Khawatir Tumbang, Pohon di Perkantoran Dipangkas

 

"Kelalaian pengendara menjadi faktor utama, ada juga disebabkan oleh jalan yang tanpa penerangan, serta kondisi jalan di Kabupaten Kepahiang banyak menikung. Selain itu ada juga pengendara kendaraan yang tidak taat aturan dalam berkendara, contohnya tidak menyalakan lampu pada malam hari," tambah Kapolres.

 

Sumber: