Puskesmas Taba Atas Catat 2 Kasus DBD

Puskesmas Taba Atas Catat 2 Kasus DBD

DOK/RK/Net : Ilustrasi DBD--

RK ONLINE - Sepanjang tahun 2022, tercatat ada 2 warga di wilayah kerja Puskesmas Taba Atas didiagnosa terjangkit Demam Berdarah Dengue (DBD). Hal itu diketahui setelah keduanya menjalani perawatan medis di RSUD Lebong.

 

"Hanya ada dua kasus suspek DBD sepanjang tahun 2022 ini. Alhamdulillah semuanya sudah dinyatakan sehat setelah mendapatkan perawatan medis di rumah sakit, " kata Kepala Puskesmas Taba Atas Hizbullah Noprian, S.KM.

 

Ia menambahkan dari setiap kasus yang dilaporkan langsung mereka tindak lanjuti dengan menurunkan petugas untuk melakukan Pelacakan Epidemiologi (PE) ke lokasi sekitar rumah warga yang terjangkit.

 

"Kami berharap masyarakat khusunya yang berada di  6 desa di wilayah kerja Puskesmas Lebong Atas untuk bisa menjaga kebersihan kingkungan. Salah satunya bisa dilakukan dengan rutin melaksanakan gotong royong, " tambahnya.

 

BACA JUGA:Januari Diprediksi Puncak DBD

 

Selain itu, ia mengaku jumlah kunjungan masyarakat ke Puskesmas Taba Atas mengalami peningkatan. Mereka yang datang tak hanya sekedar untuk berobat. Ada juga yang memang rutin memeriksakan kesehatannya setiap bulan termasuk hanya sekedar untuk mengecek kepesertaan BPJS Kesehatan aktif atau tidak.

 

"Kami berharap masyarakat bisa terus menjalankan program gerakan masyarakat hidup sehat atau Germas yang terus kami kampanyekan. Mulai menjaga pola makan, rajin berolahraga hingga makan buah dan sayur, " singkatnya.

Sumber: