Waspada, Bencana Cuaca Ekstrem Berpotensi Hingga Awal Tahun

Waspada, Bencana Cuaca Ekstrem Berpotensi Hingga Awal Tahun

DOK/RK : CUACA EKSTREM : Cuaca ekstrem akan melanda sebagian besar wilayah Bengkulu hingga beberapa hari kedepan--

RK ONLINE - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Fatmawati Soekarno mengeluarkan peringatan dini memperingatkan masyarakat Bengkulu untuk waspada terhadap kondisi cuaca ekstrem yang melanda Provinsi Bengkulu dan berpotensi terjadi hingga awal tahun 2023 mendatang.

 

Prakirawan BMKG Fatmawati Bengkulu, Zen Putri Al'iyya Lestari mengungkapkan, peringatan dini ini dikeluarkan lantaran analisis atmosfer di wilayah Bengkulu adanya peningkatan curah hujan hingga beberapa hari kedepan. Peningkatan curah hujan ini berpotensi terjadinya bencana hidrometeorologi seperti banjir, tanah longsor, meluapnya air sungai, genangan air, pohon tumbang, jalan licin, hingga gelombang laut tinggi.

 

"Kami menghimbau agar masyarakat dapat  berhati-hati jika harus beraktifitas di luar rumah. Serta selalu waspada terhadap dampak yang dapat ditimbulkan adanya cuaca ekstrem ini," sampai Zen, Kamis (29/12).

 

Lebih lanjut, cuaca ekstrem di wilayah Bengkulu dipicu karena adanya peningkatam monsun asia yang berimbas meningkatbya intensitas seruakan dingin di asia, serta aktifnya gangguan fenomena Madden Julian Osscillation (MJO) yang disertai aktifnya beberapa gelombang atmosfer yaitu, Gelombang Rossby Ekuatorial dan Gelombang Kelvin.

 

"Fenomena ini menyebabkan hampir semua wilayah di Provinsi Bengkulu akan dilanda hujan mulai dari intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang," ungkap Zen.

 

Mengacu pada hasil analisis data yang dilakukan, BMKG Provinsi Bengkulu telah mengeluarkan peringatan dini waspada cuaca ekstrem mulai tanggal 28 Desember 2022 hingga 3 Januari 2023 mendatang. "Dari hasil analisa terhadap potensi tersebut hampir semua wilayah di Bengkulu diprediksi berpotensi terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang hingga beberapa hari kedepan," ujar Zen.

 

BACA JUGA:Waspada Potensi Cuaca Buruk Malam Pergantian Tahun

 

Sumber: