Mau Lulus CAT PPS? Berikut Tipsnya

Mau Lulus CAT PPS? Berikut Tipsnya

Pendaftaran dibuka berikut jadwal dan tahapan perekrutan Pantarlih Pemilu 2024/Foto: Para pendaftar seleksi PPS bergiliran menyampaikan berkas fisik pendaftaran ke Kantor KPU Kabupaten Kepahiang.--Radar Kepahiang

RK ONLINE - Pendaftaran seleksi Panitia Pemungutan Suara (PPS) masih berlangsung di KPU Kabupaten Kepahiang. Sesuai jadwal yang ditentukan, KPU Kabupaten Kepahiang membuka pendaftaran hingga 30 Desember besok.

 

Selanjutnya tanggal 3 - 5 Januari 2023, KPU mengumumkan hasil seleksi administrasi. Bagi yang dinyatakan lulus administrasi berhak mengikuti seleksi selanjutnya yakni tes tertulis dalam bentuk Computer Assisted Test (CAT). KPU Kabupaten Kepahiang pun sudah memutuskan lokasi CAT di 14 sekolah yang tersebar di 8 kecamatan di Kabupaten Kepahiang.

 

Disampaikan Komisioner KPU Kabupaten Kepahiang, Supran Efendi, S.Sos. I, M.Pd Rabu (28/12), proses pendaftaran berlangsung hingga 30 Desember pukul 16.00 WIB.

 

"Kalau lulus seleksi administrasi, berhak mengikuti tes tertulis CAT yang akan dilaksanakan di 14 sekolah. Kami ingatkan, selain peserta ini harus menyiapkan fisik untuk mengikuti seleksi, juga harus menyiapkan pengetahuannya. Dua hal ini merupakan tips agar bisa lulus. Karena apa, kalau hanya fisik yang siap tapi keilmuannya tidak siap, ya berat untuk bisa lulus. Sebaliknya kalau keilmuan siap tapi kondisi tidak sehat atau sakit, ya bagaimana mau ikut seleksi," kata Supran.

 

Dia membeberkan, materi yang akan diujikan pada tes tertulis CAT meliputi pengetahuan kepemiluan seperti teknis penyelenggaraan, kelembagaan penyelenggaraan, dan pengetahuan kewilayahan. Selain itu materinya juga berkaitan dengan komitmen seperti integras, loyalitas, profesional, dan visi.

 

BACA JUGA:Masuk Sipol, Pendaftar PPS Sebut Pencatutan

 

"Nanti rekam jejak seperti pengalaman organisasi, pengalaman kepemiluan, pengalaman kerja termasuk riwayat pendidikan juga akan kami lihat pada pelaksanaan tes. Ya seputaran itu materinya. Seluruh soal kami terima langsung dari KPU RI melalui KPU Provinsi Bengkulu," ucap Supran.

 

Sumber: