Hidup Bersih dan Sehat Melalui UKS

Hidup Bersih dan Sehat Melalui UKS

DOK/RK : OLAHRAGA : Aktivitas olahraga anak-anak pada satuan pendidikan di Kabupaten Kepahiang.--

RK ONLINE - Pendidikan kesehatan melalui Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) sangat penting dilakukan, karena sekolah merupakan bagian dari tatanan masyarakat.

 

Pelajar dan semua pihak sekolah, menjadi satu kesatuan sebagai komunitas yang perlu dibina dari segi kesehatannya, dan yang sangat penting adalah harus ada agen perubahan di dalam mengimplementasikan UKS sehat di sekolah. Ini disampaikan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Kepahiang, Nining Fawely Pasju, S.Pt MM.

 

Menurutnya, pendampingan UKS terus dilakukan pada sekolah satuan pendidikan. "UKS adalah upaya membina dan mengembangkan kebiasaan hidup sehat, yang dilakukan secara terpadu melalui program pendidikan dan pelayanan kesehatan di sekolah. Dan juga usaha yang dilakukan di dalam rangka pembinaan serta pemeliharaan kesehatan di lingkungan sekolah," jelas Nining.

 

BACA JUGA:Matangkan Kesiapan ANBK SD dan SMP

 

Tujuan UKS adalah meningkatkan mutu pendidikan serta prestasi belajar peserta didik dengan meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat.

 

Selanjutnya menciptkan lingkungan pendidikan yang sehat, sehingga memungkinkan pertumbuhan dan perkembangan yang harmonis peserta didik.

 

"Yang terlibat dalam UKS itu sebenarnya bukan hanya kepala sekolah, pendidik dan tenaga kependidikan, serta peserta didik. Namun juga harus ada keterlibatan banyak pihak, termasuk masyarakat setempat," terang Nining.

Sumber: