2023, Inspektorat Sasar BUMDes

2023, Inspektorat Sasar BUMDes

DOK/RK : Kantor Inspektorat Lebong--

RK ONLINE - Tahun 2023, Inspektorat Kabupaten Lebong memastikan akan mulai melakukan audit dana penyertaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di Kabupaten Lebong. Itu menyusul anggaran khusus pelaksanaan audit BUMDes sudah di plot sebesar Rp 30 juta dalam Rencana Kerja Anggaran (RKA) tahun 2023 mendatang.

 

Sekretaris Inspektorat Kabupaten Lebong, Andi Febriansyah, SE mengatakan bahwa audit BUMDes yang akan dilakukan pihaknya menyusul sudah banyaknya laporan dari masyarakat hingga pemberitaan media terhadap BUMDes di Lebong yang bermasalah. Untuk itulah, tahun depan audit akan mulai dilakukan khusus pada BUMDes yang memang memiliki resiko tinggi dan salah dalam mengelola anggaran.

 

"Jadi fokus pelaksanaan audit dilakukan pada  BUMDes yang memang memiliki resiko kesalahan tinggi," kata Andi.

 

Lebih jauh, diungkapkannya, bahwa total anggaran untuk pelaksanaan audit BUMDes yang sudah di plot dalam RKA 2023 sebesar Rp 30 juta. Anggaran tersebut diperkirakan mampu untuk melakukan audit terhadap puluhan BUMDes saja. Meski tidak seluruh BUMDes dapat di audit melalui anggaran khusus.

 

Namun seluruh BUMDes yang sudah melakukan penyertaan modal tetap menjadi pengawasan pihaknya.

 

"Sekarang masing-masing Irban sudah memiliki data BUMDes yang memiliki resiko tinggi, tapi masih perlu dikoordinasikan ke Dinas PMD untuk dikroscek sebelum audit dilakukan," lanjutnya.

 

BACA JUGA:45 Desa Diaudit Inspektorat

 

Sumber:

Berita Terkait