Harga TBS Sawit Turun

Harga TBS  Sawit Turun

DOK/RK : RAPAT : Rapat penetapan harga TBS yang difasilitasi Dinas TPHP Provinsi Bengkulu, Kamis (15/12) di Hotel Seruni Bengkulu--

RK ONLINE - Dari hasil rapat penetapan harga Tandan Buah Segar (TBS) kelapa sawit yang difasilitasi Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan (TPHP) terhadap Pengusaha Kelapa Sawit (PKS) dan pihak terkait lainnya disetujui harga TBS Sawit periode minggu ke-2 bulan Desember 2022 sebesar Rp 2.095,62 per Kilogram (Kg).

 

Angka yang ditetapkan ini mengalami penurunan dari harga yang ditetapkan sebelumnya yakni Rp 2.230,85 per Kg, dengan ketetapan untuk harga tertinggi Rp 2.550,58 per Kg dan harga terendah Rp 1.911,13 per Kg.

 

"Dari hasil rapat ditetapkan harga tertinggi di Rp 2.393,28 per Kg dan harga terendah di angka Rp 1.797,97 per Kg. Dan saat ini PKS sudah ada yang membeli diangka Rp 2.200 per Kg, " ungkap Kepala Dinas TPHP Provinsi Bengkulu, Ir. Ricky Gunarwan melaui Kabid Perkebunan Bickmen, SH, MH, MM usai rapat, Kamis (15/12).

 

Ia menambahkan, pada penetapan harga TBS kali mengalami penurunan lantaran ada beberapa faktor yang mempengaruhi harga TBS.

 

"Kemarin sudah diangka Rp 2.400 per Kg, dan mengalami penurunan lantaran adanya faktor mobilisasi kendaraan-kendaraan pengangkut," tutur Bickmen.

 

BACA JUGA:Ini Harga TBS Sawit

 

Lebih lanjut, penetapan harga TBS kelapa sawit sudah menjadi rutinitas dilakukan setiap dua pekan sekali. Penetapan harga melaui rapat tatap muka yang difasilitasi Dinas TPHP dan rapat kesepakatan penetapan dengan mengumpulkan invoice-invoice dari PKS.

 

Sumber: