2023, Seluruh Desa/kelurahan Ditarget Jadi Kampung KB

2023, Seluruh Desa/kelurahan Ditarget Jadi Kampung KB

DOK/RK : Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3APPKB) Rejang Lebong, Zulfan Efendi, S.Sos--

RK ONLINE - Kepala DP3APPKB Rejang Lebong, Zulfan Efendi mengatakan di tahun 2023 mendatang pihaknya menargetkan 156 desa dan kelurahan yang tersebar di 15 kecamatan di Rejang Lebong bisa ditetapkan menjadi Kampung Keluarga Berkualitas (KB).

 

"Saat ini jumlah kampung KB yang ada di Rejang Lebong sudah terbentuk di 26 desa dan kelurahan, dalam waktu dekat juga akan kita bentuk 40 kampung KB baru, targetnya tahun 2023 nanti di Kabupaten Rejang Lebong sudah terbentuk 156 kampung KB," ucapnya.

 

Ia menjelaskan, di Rejang Lebong kampung KB sudah dibentuk secara bertahap sejak 2017 hingga 2020 lalu.

 

"Pertengahan bulan ini akan kita tetapkan 40 kampung KB baru sehingga jumlahnya menjadi 66 kampung KB. Sementara 90 desa dan kelurahan lainnya akan kita tetapkan pada tahun 2023 mendatang, " tambahnya.

 

BACA JUGA:Rejang Lebong Segera Tetapkan 40 Kampung KB Baru

 

Ia menambahkan keberadaan kampung KB ini merupakan satuan wilayah setingkat desa dan kelurahan yang di dalamnya ada keterpaduan penyelenggaraan pemberdayaan dan penguatan institusi keluarga guna meningkatkan kualitas SDM, keluarga maupun masyarakat.

 

Nantinya kampung KB yang sudah terbentuk ini memiliki beberapa kelompok kerja (pokja) sesuai dengan delapan fungsi keluarga. Seperti fungsi agama, kasih sayang, perlindungan, sosial budaya, reproduksi, sosialisasi dan pendidikan, ekonomi, dan fungsi pembinaan lingkungan.

 

Sumber: