Manfaatkan Geothermal Pemkab Kepahiang Dukung PSPE Panas Bumi Lawang Melintang

Manfaatkan Geothermal Pemkab Kepahiang Dukung PSPE Panas Bumi Lawang Melintang

DOK/RK : SAMPAIKAN : PT. HLE berkoordinasi dengan Bupati Kepahiang, Hidayattulah Sjahid, Sekkab Kepahiang, Hartono, Kepala DPMPTSP, Elva Mardiana, dan sejumlah pejabat lainnya. Kegiatan dilaksanakan di ruang rapat Bupati Kepahiang, Selasa (13/12).--

Digarap Perusahaan dari Turki 

 

RK ONLINE - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepahiang mendukung penuh pelaksanaan Program Study Pendahuluan dan Eksplorasi (PSPE) Panas Bumi di Area Prospek Panas Bumi Lawang Melintang. Baru-baru ini Bupati Kepahiang, Dr. Ir. Hidayattulah Sjahid, MM, IPU hadir langsung serta mendengarkan penyampaian dari PT. Hitay Lawang Energy (HLE) terkait PSPE.

 

Selain bupati, hadir Sekkab Kepahiang, Dr. Hartono, M.Pd, Kepala Dinas Penanaman Modal Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Kepahiang, Elva Mardiana, S.IP, M.Si, dan sejumlah pejabat lain mendengarkan sosialisasi dari pihak perusahaan dari Negara Turki tersebut.

 

Bupati Kepahiang menyampaikan, PT. HLE sebuah perusahaan dari Negara Turki yang mendapatkan penugasan untuk melakukan survei-survei pendahuluan dan eksplorasi panas bumi atau geothermal di area Lawang Melintang dari Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) RI.

Areal tersebut berada di wilayah Kabupaten Kepahiang, Kabupaten Rejang Lebong Provinsi Bengkulu, dan Kabupaten Empat Lawang Provinsi Sumatera Selatan.

"Masuk dalam proses PSPE, sehingga hari ini (Kemarin, red) PT. HLE menyampaikan sosialisasinya ke Pemkab Kepahiang," kata bupati.

Disampaikan bupati, sesuai dengan pemaparan yang disampaikan PT. HLE, PSPE akan mulai dilakukan 2023 hingga 2024 mendatang.

Diharapkan, nantinya dapat menghasilkan dan mengusahakan daya listrik Unit 1 (1 x 55 MW) dan unit 2 (1 x 55 MW).

Investasi pembangkit listrik atau pemanfaatan geothermal ini merupakan investasi yang padat modal dan padat teknologi.

 

"Kita mendukung sekali PSPE yang dilakukan oleh PT. HLE dari Negara Turki ini, karena memang sejak lama geothermal Kabupaten Kepahiang akan dimanfaatkan dan baru sekarang direalisasikan," demikian bupati.

Sumber: