Tumbuhkan Minat Baca, DPK Provinsi Bengkulu Optimalkan Perpustakaan Keliling

Tumbuhkan Minat Baca, DPK Provinsi Bengkulu Optimalkan Perpustakaan Keliling

Perpustakaan keliling DPK Provinsi Bengkulu saat buka di kegiatan Kampoeng Seni XI yang diadakan oleh COSMIP universitas Bengkulu (UNIB)--

RK ONLINE - Dalam upaya menumbuhkan minat baca untuk masyarakat dan meningkatkan taraf sumber daya manusia (SDM yang berkemampuan melalui bacaan di wilayah Bengkulu, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Provinsi Bengkulu memiliki peran penting untuk mewujudkannya.

 

Banyak program dan inovasi yang diberikan dengan tujuan agar minat baca semakin meningkat, salah satunya dengan melakukan pelayanan perpustakaan keliling. Yakni pelayanan yang menjangkau pemustaka yang tidak memiliki waktu untuk berliterasi di perpustakaan daerah Provinsi Bengkulu. 

 

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Bengkulu, H. Meri Sasdi, MPd mengatakan, dalam proses peningkatan minat baca dan mencerdaskan masyarakat Bengkulu pihaknya pihaknya melakukan jemput bola kepada pemustaka dengan pelayanan perpustakaan keliling.

 

 

"DPK Provinsi Bengkulu dengan petugas yang ada akan membuka Lapak Baca dengan membawa mobil perpustakaan keliling untuk mempromosikan koleksi perpustakaan. Sehingga masyarakat yang memiliki kesibukan, yang sebelumnya tidak sempat ke perpustakaan daerah dapat berliterasi dengan perpustakaan keliling ini," ungkap Meri Sasdi, Kamis (8/12/2022). 

 

Ia menambahkan, fungsi lain dari perpustakaan keliling adalah untuk mempromosikan koleksi baru yang dimiliki DPK Provinsi Bengkulu. Perpustakaan keliling ini bertujuan untuk memberitahukan kepada masyarakat pembaca tentang koleksi (baru) tersebut.

 

"Tentunya kita berharap usaha ini dapat memancing minat masyarakat untuk mendatangi DPK Provinsi Bengkulu," singkat Meri Sasdi. 

 

Sumber: