Ini 6 Tips Kapolres Kepahiang Agar Terhindar Aksi Penipuan dan Pencurian Lewat Medsos!

Ini 6 Tips Kapolres Kepahiang Agar Terhindar Aksi Penipuan dan Pencurian Lewat Medsos!

Kapolres Kepahiang yang memimpin langsung gelar perkara dugaan pencabulan santriwati oleh oknum pimpinan Ponpes di Kepahiang. --

RK ONLINE - Kapolres Kepahiang Polda Bengkulu, AKBP. Yana Supriatna, S.IK, M.Si mengingatkan masyarakat agar meningkatkan kewaspadaan terhadap aksi pencurian data penting yang biasa terjadi melalui Medsos (Media Sosial).

 

Menurut Kapolres Kepahiang, tidak sedikit masyarakat (Luar Kepahiang) yang sudah dirugikan oleh aksi penipu dan pencuri yang biasanya beraksi melalui Medsos ini. 

 

Namun masyarakat tidak perlu khawatir. Sebab dari hasil pengamatan pihak kepolisian, Yana Supriatna mengatakan jika kebanyakan pelaku penipuan dan pencurian data pribadi yang bersifat penting ini, beraksi dengan cara mengirimi calon korbannya  pesan yang berisikan link atau file dengan format Apk.

BACA JUGA:PARAH! Pencuri Kotak Amal Masjid Permu Bawah yang Terekam CCTv Ternyata..

menggunakan modus tertipu dan dirugikan oleh aksi pencurian data pribadi  masyarakat untuk waspada ketika menerima pesan dari nomor yang tidak dikenal. Terlebih lagi, nomor tersebut mengirimkan sebuah file atau link berbentuk aplikasi atau dengan format APK.

 

"Sebaiknya kita tetap waspada ketika menerima pesan dari nomor yang tidak dikenal. Apa lagi pesan tersebut berisikan link atau file dengan format Apk. Bisa jadi ini pencurian data pribadi atau peretasan yang dilakukan pelaku penipuan dan pencurian," ujar Yana, Rabu 7 Desember 2022.

BACA JUGA:Dugaan Korupsi DD ADD Talang Tige Naik Penyidikan

Bukan hanya itu saja, menurut Kapolres Kepahiang pelaku penipuan dan pencurian ini biasanya juga melancarkan aksinya dengan cara menyamar sebagai operator penyedia jasa pengiriman paket. 

 

Oleh sebab itu menurut Kapolres Kepahiang, dibutuhkan berbagai tips atau cara agar aksi penipuan dan pencurian yang terjadi secara online ini tidak terjadi atau dialami masyarakat Kabupaten Kepahiang dan sekitarnya.

 

Sumber: