DPK Provinsi Bengkulu Optimalkan Potensi Sejarah

DPK Provinsi Bengkulu Optimalkan Potensi Sejarah

DOK/RK : FGD : Lintas Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Provinsi Bengkulu dan Kadin Bengkulu mengikuti kegiatan FGD, Selasa (6/12).--

RK ONLINE - Provinsi Bengkulu memiliki banyak sekali wisata sejarah dari zaman kolonial yang pernah menjajah terdahulu. Situs-situs dan peninggalan sejarah penjajahan maupun bukti perjuangan rakyat untuk meraih kemerdekaan, hingga saat ini sebagian besar masih dapat dilihat serta dijadikan wisata sejarah dan edukasi di wilayah Provinsi Bengkulu.

 

Kepala DPK Provinsi Bengkulu, H. Meri Sasdi, M.Pd mengatakan, Provinsi Bengkulu tidak lepas dari jejak sejarah baik artefak, bangunan dan lainnya. Dalam hal ini pemerintah harus mendukung fakta sejarah dan mempertahankan dokumen atau arsip untuk kemajuan bangsa dan negara kedepan. Salah satu dokumen atau arsip yang dipertahankan hingga saat ini yakni Traktat London 1824.


FGD di DPK Provinsi Bengkulu.--

Traktat London sendiri merupakan peristiwa bersejarah penandatanganan Perjanjian Britania-Belanda 1824 pada tanggal 17 Maret 1824 di London antara Kerajaan Britania Raya (Inggris) dengan Kerajaan Belanda. Dalam hal ini terjadi pemindahan kekuasaan dari kolonial Inggris ke Belanda.

 

Dengan genap berumur 2 Abad pada 2024 mendatang, DPK Provinsi Bengkulu mendorong agar peringatan Traktat London tersebut dapat mendatangkan dampak positif bagi bumi raflesia. Untuk itu, dipersiapkan rencana yang akan diangkat pada peringatan di tahun 2024 mendatang yang harus sudah direncanakan sejak saat ini.

 

Salah satunya dengan cara menggelar Focus Group Discussion (FGD) yang melibatkan Kamar Dagang (Kadin) Provinsi Bengkulu dan seluruh OPD lintas sektor di lingkungan Pemprov Bengkulu. 

"Untuk rencana peringatan 2 abad Traktat London ini, FGD kita selenggarakan dengan melibatkan seluruh lintas sektoral di lingkungan Pemprov Bengkulu," ungkap Meri Sasdi, Selasa 6 Desember 2022 di ruang rapat DPK Provinsi Bengkulu.


FGD di DPK Provinsi Bengkulu.--

FGD yang mengangkat tema "Menyongsong Peringatan Dua Abad Traktat London 1824-2024" ini lanjut Meri Sasdi, sengaja diselenggarakan sebagai upaya menyusun agenda yang akan dilaksanakan dalam peringatan 2 Abad Traktat London pada 2024 mendatang.

 

Sehingga peringatan yang dilaksanakan nantinya benar-benar dapat memberikan dampak signifikan  terhadap Provinsi Bengkulu. Khususnya dampak yang mampu meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat Provinsi Bengkulu.

Sumber: