Tingkatkan Kemampuan UMKM

Tingkatkan Kemampuan UMKM

DOK/RK : Kadis Perdagangan, Koperasi dan UKM Kabupaten Kepahiang, Jan Johanes Dalos, S.Sos--

RK ONLINE - Dinas Perdagangan, Koperasi dan UKM Kabupaten Kepahiang terus meningkatkan kemampuan pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Hal ini guna meningkatkan kemampuan pelaku UMKM di bidang manajemen.

 

Kemudian, dikatakan Kepala Disdagkop UKM Kabupaten Kepahiang, Jan Johanes Dalos, S.Sos agar wawasan mengenai beberapa strategi dapat diterapkan pelaku UMKM.

 

Menurutnya, pelatihan pengembangan dan keunggulan kompetitif UMKM ini memberikan sisi positif, agar pelaku usaha dapat meningkatkan produknya.

 

"Tujuannya untuk meningkatkan sumber daya para pelaku usaha mikro, kecil dan menengah, supaya optimal dan dapat bersaing. Terutama bagaimana mengelola manajemen yang baik, serta strategi pengembangan produk bagi pelaku UMKM itu sendiri," kata Jan Dalos.

Bantu berdayakan UMKM, Sobat Penulis menyediakan layanan jasa penulis artikel SEO dengan harga terjangkau. Silakan bagi yang membutuhkan, kami merekomendasikan Sobat Penulis sebagai partner UMKM.

BACA JUGA:Data 3.200 Pelaku UMKM Diserah ke Bank

 

Ditambahkan Jan Dalos, UMKM mempunyai peran penting dalam perkembangan ekonomi, tidak hanya perluasan kesempatan kerja dan penyerapan tenaga kerja. Juga sebagai jaring pengaman terutama untuk masyarakat berpendapatan rendah demi menjalankan kegiatan ekonomi produktif.

 

"Mengingat peran UKM yang krusial sebagai salah satu penopang perekonomian, para pelaku UMKM harus bisa menunjukkan kualitas baik dari segi produk maupun sumber daya manusianya. Meskipun bisnis UKM masih baru dan kecil, tidak ada alasan mengesampingkan kualitas dan peran SDM," singkat Jan Dalos.

Sumber: