1 Desa Ikut Akademi Desa Wisata

1 Desa Ikut Akademi Desa Wisata

Air Terjun Sengkuang merupakan salah satu destinasi wisata Provinsi Bengkulu di Kabupaten Kepahiang--Radarkepahiang.id

RK ONLINE - Pengembangan desa wisata, Pemerintah Kabupaten Kepahiang siap menganggarkan anggaran untuk pengembangan sumber daya manusia dan pembangunan sarana prasarana di kawasan wisata. Demikian disampaikan Bupati Kepahiang, Dr. Ir. Hidayattulah Sjahid, MM, IPU.

 

Terlebih menurutnya, belum lama ini Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Desa Wisata yang sudah disahkan menjadi Perda dan disosialisasikan sebagai bentuk dukungan pemerintah kabupaten dalam pengembangannya.

 

Bupati mengatakan, dengan didukung sarana prasarana yang memadai dan kualitas SDM, desa wisata desa akan lebih menarik untuk dikunjungi wisatawan. Dampaknya, perekonomian dan kesejahteraan masyarakat desa juga meningkat.

 

"Dianggarkan nanti, bisa meningkatkan sektor pelayanan dan infrastruktur pariwisata di desa itu agar menarik dikunjungi wisatawan. Namun tahun depan baru tahap sosialisasi pascaPerda Desa Wisata disahkan," ujar Bupati.

 

BACA JUGA:Bupati Pastikan Pemkab Kepahiang Dukung Raperda Desa Wisata

 

Untuk memotivasi pengembangan sektor desa wisata, dijelaskan Bupati, dalam waktu dekat Desa Air Sempiang Kecamatan Kabawetan akan diikutsertakan mengikuti Akademi Desa Wisata.

 

Melalui kegiatan pelatihan serta pengembangan keterampilan, fokus memperkuat pemahaman mengenai manajemen SDM dan tata kelola desa strategi pengembangan industri pariwisata.

 

Sumber: