100 Ribu Ikan Nilem Dilepaskan di Danau Picung dan Tes

100 Ribu Ikan Nilem Dilepaskan di Danau Picung dan Tes

DOK/IST/RK : LEPASKAN : Bupati Lebong Kopli Ansori saat melepaskan bibit ikan Nilem di Danau Tes, Sabtu (26/11).--

RK ONLINE - Dinas Pertanian dan Perikanan (Disperkan) Kabupaten Lebong melaksanakan kegiatan restocking atau melepaskan benih 100 ribu ekor ikan jenis Nilem, Sabtu (27/11).

 

Benih ikan tersebut dilepaskan di dua lokasi berbeda. Yaitu 53 ribu ekor dilepaskan di Danau Tes oleh Bupati Lebong kopli Ansori. Sisanya 47 ekor dilepaskan di Danau Picung oleh Wakil Bupati Lebong Drs. Fahrurrozi, M.Pd. 

 

Kepala Disperkan Lebong Hedi Parindo, SE mengatakan kegiatan tersebut merupakan kegiatan Bidang Perikanan Disperkan Lebong sebagai upaya menjaga populasi ikan sekaligus menguatkan ekosistem lingkungan. Bibit ikan tersebut didatangkan dengan bekerjasama dengan Balai Perikanan Budidaya Air Tawar (BPBAT) Sungai Gelam Jambi.

 

"Total ada 100 ribu bibit ikan nilem yang dilepaskan di dua lokasi berbeda, " kata Hedi.

 

Lebih lanjut, ia menyampaikan salah satu tujuan restocking benih ikan ini yaitu pengkayaan stok ikan dan penambahan populasi ikan. Serta menjaga ketahanan pangan di Kabupaten Lebong.

 

"Harapan kami untuk masyarakat di seputaran Danau Tes dan Danau Picung untuk tidak melakukan penangkapan benih ikan yang sudah di restocking, tunggu sampai besar dan sudah layak dikonsumsi,” tambahnya.

 

BACA JUGA:50 Tim Basket Rebutkan Piala Bupati

 

Sumber: