Hanya 4 Parpol Lanjut Verfak Perbaikan

Hanya 4 Parpol Lanjut Verfak Perbaikan

DOK/RK : BAHAS : Jajaran KPU Kabupaten Kepahiang membahas persiapan pelaksanaan Verifikasi Faktual perbaikan terhadap 4 Parpol, Kamis (24/11).--

RK ONLINE - Terhitung sejak 27 November nanti, KPU Kabupaten Kepahiang kembali melakukan Verifikasi Faktual (Verfak) perbaikan terhadap 4 Partai Politik (Parpol) calon peserta Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. Yakni PKN, PSI, Garuda, dan Ummat. Ke 4 Parpol ini memiliki 578 keanggotaan.

 

Tapi belum diketahui secara pasti berapa total keanggotaan yang akan dilakukan verfak, sebab masih menunggu instruksi dari KPU RI.

 

Hasil Verfak menentukan ke 4 Parpol calon peserta Pemilu di Kabupaten Kepahiang ini memenuhi syarat minimal dukungan 153 keanggotaan atau tidak.

 

Komisioner KPU Kabupaten Kepahiang, Ikrok, S.Pd mengatakan, awalnya terdapat 5 Parpol calon peserta Pemilu di Kabupaten Kepahiang yang dilakukan Verfak perbaikan. Yakni PKN, PSI, Garuda, Ummat, dan Gelora. Namun dalam perjalanannya ternyata Gelora dinyatakan lolos secara nasional sehingga tidak lagi perlu perbaikan di Kabupaten Kepahiang.

 

"Sesuai dengan tahapan, total keanggotaan 578 yang tergabung dalam 4 Parpol tersebut akan dilakukan Vermin terlebih dahulu. Selanjutnya, diketahui total keanggotaan yang memenuhi syarat, itulah nantinya akan dilakukan Verfak perbaikan. Tapi sebelum itu akan diambil sampel terlebih dahulu untuk masing - masing Parpol," kata Ikrok, (Kamis 24/11).

 

BACA JUGA:Hasil Verfak, Perindo dan Hanura Aman, 5 Parpol Lain?

 

Verfak perbaikan yang dilakukan dari 27 November - 7 Desember mendatang, lanjut Ikrok, hasilnya menentukan apakah ke 4 Parpol bisa menjadi Parpol peserta Pemilu atau tidak. "Namun untuk menentukan tersebut, bukan kebijakan KPU Kabupaten Kepahiang melainkan KPU RI. Kami di daerah melakukan Verfak, menentukan TMS dan MS saja," sampai Ikrok.

 

Sumber: