Masih Tunggu Usulan 2 Dokter Hewan ASN

Masih Tunggu Usulan 2 Dokter Hewan ASN

DOK/RK : Kadis Pertanian Kabupaten Kepahiang, Hernawan, S.PKp--

RK ONLINE - Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Kepahiang, Hernawan, S.PKP mengungkapkan, saat ini Kabupaten Kepahiang masih kekurangan tenaga dokter hewan.

 

Lantaran dianggap penting untuk melindungi kehidupan kesehatan hewan serta menghindari risiko yang ditimbulkan masuknya hama penyakit, organisme yang datang dari luar. Terlebih hewan ternak di tengah ancaman penyebaran Penyakit Mulut dan Kuku (PMK). 

 

Menurut Hernawan usulan penambahan tenaga dokter hewan saat ini tengah menunggu persetujuan dari pemerintah kabupaten, sebab sudah ada 2 tenaga dokter hewan yang mengajukan permohonan. "Kita telah mengajukan kebutuhan dokter hewan gunan menangani kesehatan hewan apalagi saat ini di tengah ancaman PMK dan penyakit hewan lainnya," kata Hernawan.

 

Minimnya tenaga dokter hewan, tambah Hernawan, akan menimbulkan masalah ketika terjadi pandemi virus atau penyakit yang menyerang ternak. Apalagi jumlah peternak di Kabupaten Kepahiang juga cenderung meningkat populasinya setiap tahun.

 

BACA JUGA:Masih Kekurangan Tenaga Dokter Hewan

 

"Seperti penyakit mulut dan kuku yang masuk Kepahiang dan menyerang hewan ternak, jelas membutuhkan dokter hewan. Sementara dokter hewan yang ada tenaga kontrak, ASN-nya masih diusulkan," ujarnya.

 

Disisi lain masih terdapat 97 ternak yang terkonfirmasi penyakit mulut dan kuku, menurut Hernawan, saat ini masih dalam pengawasan serta pemantauan petugas kesehatan hewan. Disamping itu, peternak selalu diingatkan agar waspada terhadap hewan yang menular dengan selalu memperhatikan kebersihan kandang.

Sumber: