Perangkat Desa Diminta Cakap Digital

Perangkat Desa Diminta Cakap Digital

DOK/RK : Kepala Dinas PMD Provinsi Bengkulu, RA Deni--

RK ONLINE - Dengan perkembangan teknologi digital yang pesat saat ini, semua sektor dituntut untuk dapat beradaptasi dengan baik. Begitupun dengan masyarakat di perdesaan yang dituntut untuk mampu memanfaatkan perkembangan teknologi untuk kemajuan. 

 

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Provinsi Bengkulu, RA. Deni meminta dan mengajak perangkat desa atau aparatur desa di daerah untuk meningkatkan literasi digital masyarakat. Literasi tersebut dapat dilakukan dalam bentuk penyuluhan, pelatihan dan pendampingan yang dapat diikutsertakan bersama masyarakat desa.

 

"Memasuki era digital masyarakat desa harus dapat beradaptasi. Untuk itu kami berharap kepala desa dan perangkat desa dapat melakukan peningkatan pengetahuan dan keterampilan digital untuk menunjang tugas dan fungsinya," katanya. 

 

Lanjut RA. Deni, masyarakat desa dapat menerapkan pengetahuan atau materi literasi digital yang disampaikan untuk meningkatkan potensi daerahnya masing-masing seperti melaui promosi Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) melalui sosial media. Sehingga dengan demikian dapat memberikan dampak yang besar dalam meningkatkan pendapatan asli desa. 

 

BACA JUGA:Pemprov Usulkan 2 Ruas Jalan Beralih Status

 

"Literasi digital sangat baik untuk kemajuan desa karena mencakup pengetahuan, keterampilan, dan sikap kerja di era digital yang sesuai dengan standarisasi yang diharapkan masing-masing instansi," papar RA. Deni.

 

Selain itu, literasi digital juga dapat menambah wawasan masing-masing individu dan bermanfaat meningkatkan kemampuan untuk lebih kritis dalam berpikir dan memahami informasi serta mempercepat pelayanan kerja di tengah masyarakat.

 

Sumber: