Bupati Ajak Masyarakat Lestarikan Budaya dan Adat

Bupati Ajak Masyarakat Lestarikan Budaya dan Adat

DOK/RK : TERIMA : Bupati Kepahiang menerima kedatangan BMA Provinsi Bengkulu beberapa waktu lalu.--

RK ONLINE - Bupati Kepahiang Dr. Ir Hidayattulah Sjahid, MM, IPU mengajak masyarakat Kepahiang melestarikan budaya dan adat. Berdasarkan undang-undang pemajuan kebudayaan, tindakan yang dilakukan terhadap objek pemajuan kebudayaan yakni inventarisasi, pengamanan, pemeliharaan dan penyelamatan.

 

Setiap warga negara dapat berperan aktif dalam pemajuan kebudayaan. Hal tersebut disampaikan Bupati disela-sela menerima kunjungan Badan Musyawarah Adat (BMA) Provinsi Bengkulu beberapa waktu lalu.

 

"Kita mengajak masyarakat Kepahiang untuk menjaga dan melestarikan serta mempertahankan budata dan adat istiadat yang kita miliki sebagai jati diri masyarakat Kepahiang. Piagam ikrar persaudaraan dari BMA Provinsi Bengkulu ini akan kita sampaikan ke desa-desa, terutama mengajak masyarakat terutama pemuda untuk melestarikan adat istiadat yang ada," sampai Bupati.

 

Dalam kesempatan itu, Pemkab Kepahiang menerima piagam penghargaan ikrar persaudaraan antar suku dan etnis yang diberikan langsung oleh Ketua BMA Provinsi Bengkulu. Hal ini merupakan upaya mempersatukan etnis dan suku-suku uang ada di Provinsi Bengkulu.

 

BACA JUGA:Lestarikan Budaya Lewat Festival Umbung Kutei

 

Sementara itu, Ketua BMA Provinsi Bengkulu, Drs. H. S Effendi, MS mengatakan, kedatangan pihaknya ke Kabupaten Kepahiang adalah dalam rangka mengajak seluruh lapisan pemerintah dan masyarakat dalam membentuk karakter anak bangsa agar menjadi penerus bangsa yang bermartabat dan mendukung serta sekaligus menghargai adat istiadat yang ada di Provinsi Bengkulu dan untuk melestarikannya.  

 

"Kita berkunjung ke Kabupaten Kepahiang, dalam rangka silaturahmi, sekaligus memberikan piagam ikrar persaudaraan antar suku dan etnis. Untuk mempererat tali persaudaraan dan memberikan  edukasi kepada pemuda pemudi untuk melestarikan adat istiadat yang ada di Provinsi Bengkulu maupun Kabupaten Kepahiang ," tukasnya Efendi.

Sumber: