Berpotensi Diguyur Hujan, Masyarakat Diminta Waspada

Berpotensi Diguyur Hujan, Masyarakat Diminta Waspada

DOK/Net : Ilustrasi Prakiraan Cuaca--

RK ONLINE - Masyarakat Kabupaten Kepahiang tetap diminta waspada dari sejumlah ancaman bencana yang bisa saja terjadi sewaktu-waktu. Telebih wilayah Kabupaten Kepahiang masih berpotensi terjadi hujan dengan intensitas ringan hingga lebat. 

 

Dilihat dari perkiraan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Kabupaten Kepahiang, potensi hujan yang akan turun di Kabupaten Kepahiang ketika pagi hari pukul 07.00 WIB - 10.00 WIB. Selanjutnya juga berpotensi hujan ketika subuh pukul 01.00 WIB hingga pagi hari pukul 07.00 WIB. 

 

Kepala BMKG Kepahiang, Anton Sugiarto mengatakan, potensi hujan di Kabupaten Kepahiang adalah hujan dengan intensitas ringan hingga lebat. Masyarakat masyarakat yang bermukim di daerah rawan bencana agar tetap waspada. 

 

"Dari pantauan yang kita lakukan potensi hujan masih ada. Intensitasnya ringan hingga lebat dan itu terjadi ketika pagi hari dan ketika malam hari hingga subuh," kata Anton. 

 

Dijelaskan Anton, potensi hujan tersebut dipengaruhi oleh sejumlah faktor. Diantaranya, terdapat beberapa sirkulasi siklonik di samudera hindia barat Bengkulu, serta di bagian tara dan Timur pulau Sumatera.

 

BACA JUGA:Curah Hujan Tinggi, Bencana Masih Menghantui

 

Hal ini menyebabkan adanya belokan angin dan perlambatan kecepatan angin melewati wilayah Bengkulu. Selain itu, adanya suplai uap air dari samudera hindia ke wilayah sumatera bagian barat yang signifikan. Serta adanya kelambaban udara yang cukup basah dari lapisan bawah hingga atas dan juga adanya labilitas udara yang cukup kuat di atmosfer Bengkulu.

 

Sumber: