Disparpora Bakal Inventarisir Aset Pariwisata

Disparpora Bakal Inventarisir Aset Pariwisata

DOK/RK : WISATA : Objek wisata Air Putih yang berada di Kecamatan Pinang Belapis sudah merealisasikan sebagian PAD yang ditarget tahun 2022 ini.--

RK ONLINE - Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Lebong berencana akan melakukan penertiban aset yang mereka miliki. Mulai dari lahan, gedung bangunan hingga sarana dan prasarana pariwisata.

 

Langkah tersebut dilakukan untuk memaksimalkan setiap potensi pariwisata yang dimiliki Pemkab Lebong hingga meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

 

Kepala Disparpora Lebong, Riki Irawan, S.IP, M.Si menjelaskan inventarisir tersebut akan dilaksanakan secara bertahap dengan berkoordinasi dengan beberapa OPD terkait lainnya.

 

"Jika memang kondisinya sudah rusak dan tak bisa digunakan lagi tentu lebih baik dilakukan penghapusan aset. Yang masih bisa digunakan, nantinya kami akan menggandeng Pokdarwis maupun BUMDes yang bergerak dibidang kepariwisataan. Tentu dengan PKS (Perjanjian Kerjasama, red) yang jelas, " kata Riki.

 

Disisi lain menurutnya sektor pariwisata memiliki potensi besar dalam meningkatkan roda perekonomian masyarakat. Tinggal lagi bagaimana mengemas setiap potensi wisata itu agar bisa menarik minat masyarakat dalam dan luar daerah untuk datang berkunjung. Artinya dibutuhkan ide-ide entrepreneur serta peran serta masyarakat dalam mencari solusi kendala yang dialami dalam mengembangkan pariwisata di Kabupaten Lebong.

 

"Misalnya dengan memanfaatkan limbah jerami untuk dibuat patung atau semacamnya untuk dijadikan sebagai objek foto. Dengan promosi yang baik, masyarakat yang penasaran tentu akan datang berkunjung, " tambahnya.

 

BACA JUGA:Kembangkan Potensi Wisata

 

Sumber: