Manfaatkan TPS-3R

Manfaatkan TPS-3R

DOK/RK : Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Kepahiang, Swifanedi Yusda, S.Hut--

RK ONLINE - Sebagai upaya mengurangi volume sampah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA), Dinas Lingkungan Hidup mendorong kesadaran masyarakat tidak hanya soal pentingnya kebersihan tapi juga pengolahan sampah.

 

Sejumlah upaya digalakkan oleh DLH mengajak masyarakat berpartisipasi dalam mengurangi sampah,  salah satunya memaksimalkan keberadaan bank sampah dan Tempat Pengelolaan Sampah Reuse, Reduce (TPS-3R) yang dinilai cukup efektif sebagai solusi mengatasi volume sampah. Demikian disampaikan Kepala DLH Kabupaten Kepahiang, Swifanedi Yusda, S.Hut.

 

Dikatakannya, saat ini ada 3 TPS-3R yang sudah dibangun yakni dibeberapa titik pada wilayah kecamatan. Terakhir TPS-3R dibangun di Desa Cugung Lalang Kecamatan Ujan Mas.

 

"Bank sampah di TPS-3R efektif mampu mengurangai volume sampah, sehingga masyarakat dapat mengelola sampah. Jika kesadaran akan kebersihan dan pengelolaan sampah membaik, tentu nantinya volume sampah akan bisa berkurang," sampai Swifanedi.

 

BACA JUGA:DLH Usul Lahan TPSS

 

Ia menambahkan, gerakan pilah sampah dari rumah bisa mulai digencarkan untuk membangun kesadaran masyarakat memilah sampah rumah tangga diantaranya sampah organik dan yang bisa didaur ulang. Dimana sampah yang sudah dipilah oleh masyarakat, akan dikumpulkan ke bank sampah TPS-3R.

 

"Jika program TPS-3R yang terdapat di pemukiman warga bukan hanya sekedar tempat pembuangan sementara, tetapi juga mengubah sampah menjadi kompos. Selama edukasi pemilahan sampah ini belum berhasil dilakukan masyarakat, beban TPA akan semakin berat," sampai Swifanedi.

Sumber: