Bahas Kamtibmas dan Penanganan Bencana

Bahas Kamtibmas dan Penanganan Bencana

DOK/RK : HADIR : Unsur Forkopimda Kepahiang rapat koordinsi di ruang bupati.--

RK ONLINE - Bupati Kepahiang, Dr. Ir Hidayattulah Sjahid, MM, IPU menyampaikan, Pemerintah Kabupaten Kepahiang rutin melaksanakan Rapat Koordinasi Rakor bersama dengan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda).

Dia menjelaskan, rapat berkala itu membahas situasi keamanan serta ketertiban masyarakat, pengendalian inflasi, pengawasan pangan dan pantauan harga-harga, kondisi sosial politik, hingga penanganan bencana yang tengah terjadi di Kabupaten Kepahiang.

Dimana unsur Forkompimda itu terdiri dari kepala daerah, Ketua DPRD, Kapolres, Dandim, Pengadilan Agama, Pengadilan Negeri, dan Kepala Kejaksaan Negeri. "Rapat Forkompimda ini berkala kita lakukan, untuk membahas situasi di Kabupaten Kepahiang. Seperti Kamtibmas, inflasi daerah, sosial politik, hingga penanganan bencana," kata Bupati.

Bupati melanjutkan, kegiatan itu intens dilakukan untuk memaksimalkan fungsi kooordinasi antar unsur Forkopimda dalam pelaksanaan pembangunan dan penyelesaian masalah-masalah aktual di daerah. Pada prinsipnya, kata Bupati, Forkopimda harus dimanfaatkan diberdayakan untuk perannya dalam mengatasi hal-hal tersebut.

 

BACA JUGA:Di Kepahiang Program Magang ke Jepang Tidak Diminati

 

"Paling tidak setiap satu bulan 3 hingga 4 kali kita bertemu. Sejauh ini secara umum Kamtibmas daerah terkendali, dari Pengadilan dilaporkan juga kasus-kasus kriminal menurun, akan tetapi harus tetap waspada. Kemudian masalah bencana alam yang juga harus diwaspadai karena kondisi musim hujan," ujar Bupati.

Upaya mitigasi bencana, sambung Bupati, dilakukan Pemerintah Kabupaten Kepahiang bersama dengan Forkopimda, terlebih saat ini memasuki musim penghujan. Dimana bencana yang menghantui seperti longsor, banjir, angin puting beliung dan lainnya.

 

Sumber: