ANBK, Dinas Dikbud Dorong Sekolah Mandiri

ANBK, Dinas Dikbud Dorong Sekolah Mandiri

DOK/RK : ANBK : Dinas Dikbud Kabupaten Lebong saat memantau pelaksanaan ANBK tingkat SD beberapa waktu lalu.--

RK ONLINE - Dari pelaksanaan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) yang dilakukan oleh sekolah tingkat SMP dan SD yang ada di Kabupaten Lebong, belum seluruhnya melaksanakan secara mandiri. Artinya dilaksanakan di sekolah masing-masing.

Tercatat masih ada 4 SMP dan 54 SD menumpang ke sekolah lain dalam mengikuti ANBK karena masih memiliki keterbatasan sarana dan prasarana. Kedepan, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Lebong akan mendorong SD maupun SMP dibawah naungannya bisa melaksanakan ANBK secara mandiri.

Kabid Pembinaan dan Pendidikan Dinas Dikbud Lebong, Habibi, S.Pd menjelaskan dalam memenuhi sarana dan prasarana penunjang tersebut, pihaknya secara bertahap terus mengupayakan bantuan ke sekolah. Dicontohkannya di tahun ini ada 21 SD yang mendapatkan bantuan chromebook yang bersumber dari Kemendikbudristek.

"Kami terus mengupayakan agar sekolah yang belum bisa melaksanakan ANBK mandiri kedepan bisa menjadi prioritas dalam penyaluran bantuan. Sehingga kedepan sekolah bisa melaksanakan ANBK secara mandiri, " kata Habibi.

 

BACA JUGA:ANBK SD, Masih Ada Pelajar Kesulitan Gunakan Komputer

 

Apalagi, lanjutnya, ANBK sendiri sifatnya wajib diikuti oleh setiap sekolah. Nantinya hasil asesmen akan menghasilkan rapor mutu pendidikan bagi masing-masing sekolah maupun rapor mutu pendidikan bagi Dinas Dikbud. 

"Kalau hasilnya merah atau kuning berarti butuh perbaikan. Nah perbaikan-perbaikan itu nantinya akan dituangkan dalam PBD (Perbaikan Berbasis Data, red) untuk tahun yang akan datang, " demikian Habibi. 

Diketahui untuk pelaksanaan ANBK tingkat SMP suah dilaksanakan beberapa waktu lalu. Di akhir Oktober ini, ANBK masih dilaksanakan oleh pelajar kelas V tingkat SD di Kabupaten Lebong.

Sumber: