169 Ngaku Dicatut, 477 Belum Bisa Ditemui, Baru 125 yang MS

169 Ngaku Dicatut, 477 Belum Bisa Ditemui, Baru 125 yang MS

DOK/RK : VERFAK : Petugas Verfak KPU Kabupaten Kepahiang mengunjungi anggota Parpol.--

Hasil Sementara Verfak 

 

RK ONLINE - Dari 1.071 keanggotaan 7 Parpol yang dilakukan Verifikasi Faktual (Verfak). Yakni keanggotaan Partai Perindo, Hanura, PSI, Garuda, Ummat, Gelora, dan PKN. Hasil sementara, baru 125 keanggotaan yang dinyatakan Memenuhi Syarat (MS) oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kepahiang. Dari yang telah dilaksanakan Verfak sebanyak 794 keanggotaan. Sementara 477 keanggotaan, belum dapat ditemui atau tidak berada di rumah saat dikunjungi oleh petugas Verfak KPU Kabupaten Kepahiang.

Komisioner KPU Kepahiang, Ikrok, S.Pd Kamis (27/10) menyampaikan, dari 16 Parpol peserta Pemilu di Kabupaten Kepahiang, yang dilakukan verfak hanya 7 Parpol dengan total keanggotaan 1.071. Sepanjang Verfak yang dilaksanakan, sudah 74 persen atau 794 keanggotaan orang sudah dikunjungi. Dari 794 tersebut masih ada 477 keanggotaan yang belum bisa ditemui dengan berbagai alasan. Seperti sedang di kebun atau lagi menjalankan aktivitas sehari-hari lainnya.

"Sementara 169 orang keanggotaan yang tersebar di 7 kecamatan tidak mengakui jika mereka masuk keanggotaan Parpol. Selanjutnya, sejauh ini pula kita baru menyatakan 125 keanggotaan yang MS. Dalam artian mereka anggota Parpol yang miliki KTA yang sama dengan KTP," jelas Ikrok. 

Selain itu juga ditemukan 5 keanggotaan yang ditemui mengundurkan diri. Baik yang tidak bisa ditemui maupun yang tidak mengakui memberikan dukungan, mayoritas berada di dalam keanggotaan 7 Parpol. Bagi anggota Parpol yang tidak bisa ditemui, wajib dihadirkan di sekretariat Parpol masing - masing pada 1 - 4 November mendatang.

 

BACA JUGA:Verfak, Ada Anggota Parpol Tidak Mendukung Bahkan Mengundurkan Diri

 

Dengan proses Verfak masih terus berjalan, dimungkinkan jumlah keanggotaan Parpol yang tidak bisa ditemui atau mengundurkan diri kembali bertambah. "Sekarangkan baru 125 saja yang MS. Karena itu ke 7 Parpol masih memiliki kesempatan untuk melaukan perbaikan pada tahapan selanjutnya," paparnya. 

Mengingat Verfak yang dilakukan pihaknya baru diangka 74 persen, Ikrok kembali mengingatkan ke 7 Parpol untuk memastikan anggotanya masing-masing agar berada di rumah, sehingga mempermudah dan memperjelas terkait keanggotaan.

"Untuk sisa 26 persen yang belum di Verfak itu, semuanya di dalam wilayah Kecamatan Kepahiang. Sekali lagi juga kami ingatkan, untuk anggota yang belum dapat ditemui, supaya bisa dihadirkan di sekretariat Parpol masing - masing sesuai jadwal yang telah ditentukan," demikian Ikrok.

Sumber: