PUPR Dapat 'Jatah' DAK Rp 21,5 Miliar

PUPR Dapat 'Jatah' DAK Rp 21,5 Miliar

DOK/Net : Ilustrasi DAK--

RK ONLINE - Dinas PUPR Kabupaten Kepahiang mendapatkan kucuran anggaran Dana Alokasi Khusus (DAK) pada tahun 2023 mendatang sebesar Rp 21,5 miliar. 

Dana puluhan miliar tersebut, semuanya akan digunakan untuk pembangunan jalan di sejumlah titik. Diantaranya ruas jalan Desa Tebat Monok Kecamatan Kepahiang dan 2 ruas jalan lainnya dalam Kecamatan Seberang Musi, Desa Tebat Laut dan Desa Talang Gelompok.

 

Berapa anggaran untuk pembangunan masing-masing link jalan tersebut dan berapa panjang yang akan dibangun? Dinas PUPR Kabupaten Kepahiang belum membeberkannya. Meski demikian, Kepala Dinas PUPR Kabupaten Kepahiang, Rudi A Sihaloho, ST dikonfirmasi Rabu 26 Oktober 2022 tidak menapik bahwa pihaknya mendapat DAK tahun depan. Menurutnya jika tidak ada perubahan, Dinas PUPR Kabupaten Kepahiang akan mendapatkan DAK Rp 21,5 miliar. 

 

"DAK ini seluruhnya untuk pembangunan jalan di 2 kecamatan. Wacana kita akan membangun jalan hotmix di 3 ruas jalan dan kita berharap bisa terwujud nantinya. Sehingga ketiga ruas jalan tersebut bisa mulus dan akses masyarakat bisa lancar," kata Rudi. 

 

Lebih lanjut dikatakan Rudi, pada dasarnya pihaknya ingin membangun lebih banyak jalan. Tetapi dengan keterbatasan DAK yang didapatkan pihaknya baru bisa mengakomodir pembangunan 3 ruas jalan itu saja. 

 

"Masyarakat di kecamatan lain, ya kami minta bersabar. Semoga saja ada tambahan anggaran dari APBD Kepahiang. Kalau dari DAK, itu hanya bisa untuk 3 ruas jalan," pungkas Rudi. 

 

BACA JUGA:Perbaiki Drainase PUPR Butuh Dana Rp 500 Juta

 

Untuk diketahui, pada tahun 2022 ini Dinas PUPR Kabupaten Kepahiang mendapatkan DAK Rp 20 miliar. Anggaran sebesar itu diantaranya digunakan untuk pembangunan jalan hotmix Simpang Kota Bingin Kecamatan Merigi dan pembangunan hotmix di wilayah kota kabupaten. 

Sumber: