Kemenag Tunggu Penetapan Kuota Normal

Kemenag Tunggu Penetapan Kuota Normal

DOK/RK : Kasi Haji dan Umrah, Zulfakar Alamsyah, S.Ag--

RK ONLINE - Daftar tunggu ibadah haji yang tersaji dalam aplikasi haji atau website Ditjen Penyelenggaraan Hajidan Umrah (PHU), menunjukkan data estimasi keberangkatan yang semakin lama. Mengenai hal ini, Kakan Kemenag Kabupaten Kepahiang, H. Lukman, S.Ag MH melalui Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah, Zulfakar Alamsyah, S.Ag membenarkannya.

Dijelaskannya, mundurnya estimasi keberangkatan disebabkan bilangan pembagi daftar tunggunya didasarkan pada kuota haji tahun berjalan. Yakni lantaran adanya pengurangan kuota keberangkatan haji pada tahun 2022.

"Estimasi keberangkatan selalu menggunakan angka kuota haji tahun terakhir sebagai angka pembagi. Karena pada tahun ini ada pengurangan kuota keberangkatan, sehingga daftar tunggu hitungannya semakin panjang. Namun kita berharap kuota keberangkatan haji tahun mendatang kembali normal dan harapannya juga bertambah," jelas Zulfakar.

 

BACA JUGA:Waiting List Haji Hingga 2040

 

Sementara itu lanjut Zulfakar, estimasi keberangkatan haji akan terus berjalan sampai dengan adanya kepastian kuota haji pada tahun 2023 mendatang. Jika kuota kembali normal, maka estimasi keberangkatan akan mengalami penyesuaian.

"Saat ini ada 2.275 yang sudah mendaftarkan keberangkatan haji, dengan estimasi daftar tunggu mencapai 21 tahun. Oleh karena besar harapan kita, ada penambahan kuota daerah, sehingga dapat mengurangi estimasi keberangkatan," sampai Zulfakar. 

Mewakili harapan masyarakat, Kemenag Kabupaten Kepahiang sambung Zulfakar, berharap tahun depan kuota haji kembali normal atau bahkan lebih banyak dari kuota normalnya. Sehingga estimasi keberangkatan jemaah akan kembali berubah, sesuai bilangan pembaginya.

Sumber: