Butuh Tambahan Mobil PBK

Butuh Tambahan Mobil PBK

DOK/RK : Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Rejang Lebong, Ferry Najamudin--

RK ONLINE - Kepala Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Rejang Lebong, Fery Nazamudin mengatakan pihaknya masih membutuhkan penambahan unit mobil Pemadam Bahya Kebakaran (PBK) dalam memaksimalkan penanganan kebakaran. 

"Setidaknya kita membutuhkan penambahan tiga unit kendaraan lagi. Saat ini untuk melayani 15 kecamatan baru ada 12 unit kendaraan," jelasnya.

Dari jumlah unit tersebut, jumlah armada PBK hanya 9 unit. Sementara 2 unit lainnya hanya armada tangki suplai air. Ia mengaku sebelumnya sudah mengusulan permintaan untuk pengadaan tambahan kendaraan terutama untuk kendaraan menyuplai air. Hanya saja usulan tersebut belum terpenuhi karena kondisi keuangan daerah belum memungkinkan.

"Mobil tangki yang kita butuhkan ini selain berfungsi menyuplai air juga bisa untuk menyemprotkan air, jika terjadi kebakaran armada ini bisa langsung melakukan tindakan pemadaman serta alat-alat dan perelengkapan pemadam lainya, " tambahnya. 

 

BACA JUGA:Minimalisir Kebakaran, Siapkan APAR

 

Dilanjutkannya, pihaknya pernah mendapatkan pinjaman mobil tangki milik Dinas PUPR Rejang Lebong dengan kapasitas 3.500 liter sehingga bisa menambah jumlah kekuatan fasilitas yang mereka miliki. Sejauh ini jumlah personel 

yang dimiliki Dinas Damkar berjumlah 147 orang. Terdiri dari 130 personel berstatus Tenaga Kerja Sukarela (TKS) dan 17 orang berstatus PNS.

"Petugas Damkar ini tersebar dalam markas Damkar Rejang Lebong yang berada di Kota Curup, kemudian tersebar dalam empat Pos Damkar yang ada di Kecamatan Sindang Kelingi, Padang Ulak Tanding, Kota Padang, dan Pos Damkar di Kecamatan Bermani Ulu Raya, " singkatnya. (cok)

 

Sumber: