Sisakan 1 Paket, Lelang Hemat Rp 2,4 Miliar

Sisakan 1 Paket, Lelang Hemat Rp 2,4 Miliar

DOK/Net : Ilustrasi Lelang Proyek--

RK ONLINE - Dalam APBD murni 2022, ada 84 kegiatan yang harus dilakukan lelang oleh Bagian Pengadaan Barang dan Jasa Setkab Lebong. Hingga awal Oktober lalu, 83 kegiatan sudah selesai dilakukan lelang. Tinggal menyisahkan 1 paket lainnya yaitu penilaian zona nilai tanah milik BKD Lebong yang saat ini masuk dalam masa sanggah. 

Kabid Pengadaan Barang dan Jasa Setkab Lebong, Dodi Irawan, ST menjelaskan dari 84 paket yang sudah terkontrak, pihaknya berhasil melakukan penghematan anggaran hingga Rp 2,4 miliar. Efisiensi anggaran tersebut berhasil diperoleh dari selisih nilai pagu paket dengan nilai terkontrak.

"Untuk penggunaan hasil penghematan anggaran tersebut kami kurang tahu persis. Tentu anggaran yang tak terserap itu akan dibahas oleh TAPD (Tim Anggaran Pemerintah Daerah, red). Dalam hal ini kami hanya sebatas melakukan monitoring saja, " Dodi.

Sementara itu, dalam APBD Perubahan saat ini masing-masing OPD masih menunggu Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA). Namun suah ada beberapa OPD yang melakukan koordinasi terkait pelaksanaan lelang. Seperti Dinas Satuan Polisi Pamomg Praja (Satpol PP) terkait kegiatan perbaikan mobil Pemadam Bahaya Kebakaran, kegiatan perencanaan pembangunan jalan menuju objek wisata Bukit Pabes di Bidang Bina Marga Dinas PUPR-Hub.

 

BACA JUGA:Jelang Lelang 32 Unit Mobnas Waspada Penipuan

 

Serta pendampingan hukum Permendagri 20 tahun 2015 tentang Tabap Batas Lebong dan Bengkulu Utara di Bagian Hukum dan Ham Setkab Lebong. Meski pelaksanaan lelang terhadap kegiatan di APBD Perubahan sudah bisa dilaksanakan, namun dalam penandatangan kontrak baru akan dilakukan setelah DPA selesai.

"Seperti kegiatan di Bidang Bina Marga saat ini sudah mulai ditayangkan. Namun untuk penandatangan kontrak baru akan dilaksanakan setelah DPA APBD Perubahan 2022 selesai, " demikian Dodi. (skp)

Sumber: