Prakiraan Cuaca, Hari Ini Kepahiang Hujan Lagi

Prakiraan Cuaca, Hari Ini Kepahiang Hujan Lagi

DOK/Net : Ilustrasi--www.seekpng.com

RK ONLINE - Masyarakat Kabupaten Kepahiang dihimbau tetap waspada dari ancaman bencana Hidrometeorologi seperti banjir, tanah longsor, angin kencang, serta sejumlah bencana alam lainnya. Karena wilayah Kabupaten Kepahiang masih berpotensi diguyur hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang berdurasi singkat. 

Kepala BMKG Stasiun Geofisika Klas III Kepahiang, Anton Sugoarto mengatakan, dari prakiraan cuaca harian yang dilakukan pihaknya, wilayah Kabupaten Kepahiang masih berpotensi diguyur hujan. Bahkan hujan ringan sudah terjadi dari pagi sekira pukul 07.00 WIB. Selanjutnya ketika siang hari sekira pukul 13.00 WIB, hujan kembali terjadi bahkan hingga malam hari. "Dari prakiraan kita, besok (Hari ini, red) juga berpotensi hujan lebat disertai petir pada sore hari sekira pukul 16.00 WIB," sampai Anton, Minggu (16/10).

Sementara untuk suhu wilayah Kabupaten Kepahiang pada hari ini berada pada 18 - 31 derajat celcius, kecepatan angin 30 Km per jam serta kelembaban 70 - 100 persen. Dengan kondisi suhu yang terjadi, sangat dimungkinkan pada malam hari cuaca terasa lebih dingin.

"Dengan potensi hujan yang terjadi di Kabupaten Kepahiang, kita ingatkan agar masyarakat tetap waspada dari sejumlah potensi bencana alam yang mengancam," ujar Anton. 

 

BACA JUGA:Cuaca Panas

 

Sama seperti sebelumnya, penyebab kemungkinan terjadinya hujan karena ada suplai uap air dari samudera hindia ke wilayah sumatera bagian barat yang signifikan. Kemudian adanya belokan angin di wilayah Provinsi Bengkulu, kelembaban udara yang cukup basah dari lapisan bawah hingga atas, serta labilitas udara yang cukup kuat di atmosfer wilayah Provinsi Bengkulu.

"Dari sejumlah penyebab tersebut, muncullah potensi pembentukan awan hujan di wilayah Provinsi Bengkulu termasuk di wilayah Kabupaten Kepahiang," demikian Anton

Sumber: