Distankan Panen Raya Kentang Putih di Selupu Rejang

Distankan Panen Raya Kentang Putih di Selupu Rejang

DOK/RK : PANEN : Distankan saat ikut memanen kentang putih di Selupu Rejang.--

RK ONLINE - Bantuan bibit kentang putih yang disalurkan Dinas Pertanian dan Perikanan (Distankan) Rejang Lebong kepada Kelompok Tani (Poktan) di Kecamatan Selupu Rejang beberapa waktu lalu membuahkan hasil. Satu poktan diwilayah tersebut sudah melaksanakan panen raya dengan hasil 13,6 ton kentang dari luasan 1 hektare lahan.

Kepala Distankan Rejang Lebong ir. Zulkarnain menjelaskan diwilayah ini ada 5 hektare lahan yang sebelumnya ditanam bibit kentang bantuan yang berasal dari Kementerian Pertanian (Kementan) tersebut. Untuk 4 hektar kentang lainnya baru akan dipanen dalam waktu dekat karena penanamannya yang tak serentak.

"Baru satu poktan saja yang dipanen. Untuk kelompok lainnya masih menunggu beberapa minggu lagi, " ujar Zulkarnain.

Ia mengaku cukup puas dengan hasil panen kentang tersebut. Terlebih menurutnya buah yang dihasilkan dinilai cukup besar ketimbang kentang pada umumnya. Terlebih dengan cuaca ekstrem yang terjadi beberapa bulan terakhir, tak mempengaruhi hasil yang diperoleh.

"Budidaya tanaman kentang ini cukup berhasil. Kentang yang dipanen lumayan besar-besar berbeda dengan kentang pada umumnya, " tambahnya. 

 

BACA JUGA:Waspadai Ternak dari Luar Daerah

 

Dengan hasil ini, pihaknya akan kembali mengusulkan bantuan bibit ke Kementan. Terlebih dengan keterbatasan anggaran yang dimiliki pihaknya bantuan tersebut akan sangat membantu ketersediaan bibit kentang di Rejang Lebong. Disisi lain pihaknya juga mengingatkan kepada para petani agar tidak menjual seluruh kentang hasil panen. Sisanya bisa digunakan untuk bibit penanaman selanjutnya.

"Kami berharap poktan yang sudah panen agar dapat membuat bibit sendiri. Kentang putih ini agar bisa dikembangkan menjadi bibit, " demikian Zulkarnain.

Sumber: