Diakomodir 5 Ribu Keping

Diakomodir 5 Ribu Keping

DOK/RK : Kepala Dukcapil Provinsi Bengkulu, Diah Irianti--

RK ONLINE - Sempat terjadi kelangkaan pada Agustus dan September lalu, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Provinsi Bengkulu memastikan ketersedian blangko Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP) tersedia untuk wilayah Bengkulu. 

Kepala Dukcapil Provinsi Bengkulu, Diah Irianti, M.Si mengatakan jika kelangkaan blangko e-KTP yang sempat terjadi pada bulan Agustus dan September 2022 lalu karena sedang proses pencetakan. Namun saat ini blangko e-KTP sudah kembali tersedia. 

"Sejak 5 Oktober blangko sudah tersedia kembali. Pemerintah pusat sudah mencetak lebih dari 3,1 juta keping," ungkap Diah.

Ia menambahkan, jumlah ketersediaan blangko cukup banyak di pusat, usulan permintaan tambahan blangko e-KTP yang dilakukan pihaknya sebanyak 63 ribu keping hanya dikabulkan 5 ribu keping saja.

"Dari 63 ribu yang kami ajukan itu baru 5 ribu yang dikabulkan," sampai Diah.

 

BACA JUGA:Siapkan Antisipasi Hadapi Potensi Resesi Ekonomi

 

Walupun demikian, pihaknya telah mengambil dan memastikan ketersediaan blanko KTP di Bengkulu tersedia dan siap disalurkan. Sehingga jika ada Dukcapil kabupaten/kota yang kehabisan blangko dapat segera mengambilnya pekan ketiga Oktober ini.

“Insyaa allah, Selasa (besok,red) stok blangko sudah ada dan Dukcapil kabupaten/kota bisa kembali mengambil di Dukcapil Provinsi Bengkulu," kata Diah.

Lebih lanjut, meski sempat terjadi kekosongan blangko, Diah menyebut ketersediaan blanko e-KTP di satuan Dukcapil masih tersedia dan cukup untuk menyambung kekosongan. Namun Dukcapil memiliki skala prioritas mencetak e-KTP yakni untuk pembuat KTP baru atau warga yang baru memasuki usia 17 tahun.

"Pembuatan KTP juga diutamakan karena alasan penting seperti hilang dan lain sebagainya," singkatnya.

Sumber: