3 Kecamatan Nihil DBD

3 Kecamatan Nihil DBD

DOK/RK : Kepala Dinkes Lebong Rachman, S.KM, M.Si--

RK ONLINE - Data Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Lebong, sejak Januari 2022 hingga kemarin (12/10) sudah terjadi 87 kasus Demam Berdarah Dengue (DBD). Dari jumlah kasus tersebut, 2 diantaranya meninggal dunia. Sementara sisanya 85 kasus dinyatakan sembuh setelah mendapatkan perawatan medis. 

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Lebong,  Rachman, SKM melalui Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P), Yuswati mengatakan jumlah kasus DBD belakang ini memang meningkat. Dari 12 kecamatan di Lebong, hanya 3 kecamatan diantaranya yang belum ditemukan kasus DBD. Masing-masing Kecamatan Rimbo Pengadang, Topos dan Kecamatan Pinang Belapis. 

"Belakangan ini ada peningkatan kasus DBD. Kasus tersebut sudah terjadi di 9 kecamatan, hanya 3 kecamatan yang nihil kasus DBD, " tambahnya.

Menurutnya, meningkatnya kasus kasus DBD belakangan ini akibat cuaca ekstrem yang terjadi.

"Peningkatan kasus DBD akhir-akhir ini kian melonjak seiring kondisi cuaca ekstrem yang terus terjadi di wilayah Kabupaten Lebong dengan tingkat mobilisasi yang tinggi atau daerah yang padat penduduk, " sampainya. 

 

BACA JUGA:Baru 9 Orang Positif, Kasus DBD Menurun

 

Pihaknya juga akan terus meminta hasil uji lab pasien diagnosa DBD dari rumah sakit untuk dilanjutkan dengan surveilens penyelidikan epidemiolgi melalui puskesmas untuk memyelidiki keberadaan jentik nyamuk untuk segera ditangani. 

"Semua wilayah kasus sudah dilakukan upaya pencegahan dengan melakukan fogging di tempat yang terdapat kasus DBD. Mengingat saat ini curah hujan tinggi yang terus melanda wilayah Lebong, maka kami berharap adanya kerjasama warga untuk menjaga kebersihan lingkungan dalam upaya mencegah perkembangan nyamuk aedes aegypti, " singkatnya.

Sumber: