Program BKK Sisakan 1 Desa

Program BKK Sisakan 1 Desa

DOK/RK : Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Rejang Lebong, Suradi Rifai--

RK ONLINE -  Penyaluran program Bantuan Khusus Keuangan (BKK) tinggal menyisahkan 1 desa lagi. Yaitu Desa Padang Baru Kecamatan Kota Padang. Sementara 121 desa lainnya sudah menerima penyaluran BKK sebesar Rp 100 juta/desa.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Rejang Lebong, Suradi Rifai menjelaskan program BKK merupakan program unggulan Bupati Rejang Lebong dalam meningkatkan dan mempercepat pembangunan di desa. Masing-masing desa mendapatkan jatah sebesar Rp 100 juta yang bersumber dari APBD Rejang Lebong.

"Dari 122 desa, tinggal satu desa lagi yang belum mengusulkan proses pencairan BKK. Yaitu Desa Padang Baru Kecamatan Kota Padang, " jelasnya.

Ditambahkannya, sebagian desa sudah mendapatkan dana BKK yang ditransfer langsung ke rekening kas desa untuk membiayai kegiatan peningkatan perekonomian masyarakat masing-masing desa.

"Dana BKK yang diterima oleh 121 desa ini setelah disalurkan bisa diserap kelompok UMKM, kelompok sadar wisata, kelompok peternak dan perikanan, kelompok usaha ekonomi produktif, kelompok kepemudaan, karang taruna, kader PKK, LPM desa serta kelompok-kelompok unit usaha ekonomi lainnya yang ada di desa, " lanjutnya. 

 

BACA JUGA:Tingkat Kemiskinan Rejang Lebong Posisi ke-5

 

Dalam program ini, Pemkab Rejang Lebong menyiapkan anggaran Rp 12,2 miliar untuk 122 desa. Pembagiannya rata, setiap desa mendapatkan Rp 100 juta.

"Selain 122 desa, untuk 34 kelurahan lainnya juga akan menerima Rp100 juta per kelurahan. Namun penyalurannya dilakukan melalui sekretariat daerah, " singkatnya.

Sumber: