Inggatkan Potensi Bencana, BPBD Minta Masyarakat Waspada

Inggatkan Potensi Bencana, BPBD Minta Masyarakat Waspada

DOK/Net : Ilustrasi Bencana--

RK ONLINE - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD)  Rejang Lebong meminta masyarakat tetap untuk mewaspadai dampak cuaca ekstrem yang  saat ini terjadi. Kepala BPBD Rejang Lebong Drs. Shalahuddin mengatakan kondisi cuaca saat ini perlu diwaspadai oleh masyarakat khusunya yang berada di daerah rawan bencana. Seperti di daerah pegunungan hingga masyarakat yang bermukim di aliran sungai.

"Kami minta untuk selalu waspada terhadap potensi terjadinya bencana alam akibat cuaca ekstrem yang terjadi beberapa hari ini. Seperti banjir, longsor  maupun pohon tumbang, " kata Shalahuddin.

Ditambahkannya, cuaca ekstrem yang terjadi tentu ikut meningkatkan potensi terjadinya bencana alam. Seperti banjir yang terjadi di Desa Belumai I Kecamatan Padang Ulak Tanding beberapa waktu lalu. Bencana tersebut menyebabkan 1 korban meninggal dunia akibat terseret arus Sungai Kelingi yang meluap.

"Korban yang hanyut saat itu sedang berada di pinggir sungai.  Kemudian tiba-tiba datang air bah dari bagian hulu dengan cepat sehingga korban terseret air disertai lumpur," tambahnya.

Disisi lain dalam menghadapi setiap potensi bencana pihaknya sudah memasang rambu-rambu jalur evakuasi. Artinya ketika terjadi hal yang tidak diinginkan seperti banjir atau pun longsor masyaraat dapat berlari atau mengungsi ketempat yang sudah ditentukan. Hal ini diharapkan bisa meminimalisir timbulnya korban jiwa.

"Untuk titik-titik lokasi evakuasi yang telah kita pasang ada di 10 kecamatan. Wilayah tersebut rawan akan bencana alam, " tambahnya.

 

BACA JUGA:Potensi Bencana Meningkat, Masyarakat Diminta Waspada

 

Selain itu pihaknya juga sudah membentuk tim evakuasi. Tim ini juga bertugas berpatroli ke tempat-tempat yang rawan akan terjadinya bencana. Dengan dibentuknya tim ini, juga  untuk memudahkan dalam melakukan evakuasi dan lebih awal mendapatkan informasi terkait bencana alam yang terjadi.

"Kami berharap kepada warga yang berdomisili ditempat yang rawan akan banjir dan longsor agar meningkatkan kewaspadaannya, " singkatnya.

Sumber: