Nasib 10 Calon Panwascam Ditentukan Hari Ini

Nasib 10 Calon Panwascam Ditentukan Hari Ini

DOK/Net : Ilustrasi Panwascam--

RK ONLINE - Sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan, 12 Oktober besok Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Kepahiang mengumumkan hasil seleksi kelengkapan berkas calon peserta seleksi Panitia Pengawas Pemilihan Kecamatan (Panwascam). Sementara itu, untuk nasib ke 10 calon peserta seleksi Panwascam yang diketahui namanya masuk keanggotaan Parpol di data Sipol, akan ditentukan oleh Bawaslu melalui Pleno yang dilaksanakan, Selasa (11/10) hari ini. 

Dikonfirmasi, Senin (10/10) Ketua Bawaslu Kabupaten Kepahiang, Rusman Sudarsono, SE mengatakan, sudah ada beberapa orang dari 10 nama yang masuk di dalam keanggotaan Parpol menyampaikan hasil klarifikasi KPU Kabupaten Kepahiang ke Bawaslu. Hanya saja untuk menentukan lulus seleksi administrasi atau tidak, harus melalui tahapan pleno. "Besok (Hari ini, red) kita akan melaksanakan pleno dengan melibatkan kawan - kawan anggota yang lainnya. Dari situlah nanti hasilnya akan kita tentukan, karena tidak bisa saya putuskan sendiri," kata Rusman. 

Lebih lanjut dijelaskan Rusman, ketika nama calon peserta seleksi Panwascam masuk dalam keanggotaan Parpol dan melapor ke KPU, masih ada proses selanjutnya yang harus dilakukan untuk menghapus nama bersangkutan dari data Sipol atau keanggotaan Parpol. Dalam artian ketika dilaporkan ke KPU, tidak serta merta nama tersebut dihapuskan oleh Parpol.

"Dia (Calon Panwascam, red) namanya terdaftar dalam keanggotaan Parpol, sudah melapor ke KPU dan hasil laporannya (Klarifikasi, red) sudah kita terima. Terus apakah nama tersebut langsung dihapus dari keanggotaan Parpol, saya rasa belum. Karena masih ada proses - proses yang harus dilakukan, lantaran wewenang untuk menghapus tersebut berada di pimpinan Parpol pusat. Jadi untuk 10 nama tersebut akan kita tentukan dalam pleno, tapi tetap hasil klarifikasi ke KPU kita minta," papar Rusman. 

 

BACA JUGA:Nasib 10 Calon Panwascam di Ujung Tanduk

 

Sekedar mengulas, tertanggal 12 Oktober mendatang Bawaslu Kepahiang akan mengumumkan hasil seleksi pemberkasan pendaftaran. Bagi peserta yang lulus pemberkasan, akan mengikuti tahapan tes tertulis yang akan dilaksanakan 14 - 16 Oktober. Hasil tes tertulis diumumkan pada 17 Oktober. Peserta yang dinyatakan lulus akan mengikuti tes wawancara yang akan dilaksanakan 18 - 22 Oktober. Pengumuman hasil akhir dilaksanakan pada 25 Oktober hingga menetapkan 24 Panwascam terpilih.

Sumber: