Target 600 Poktan

Target 600 Poktan

Foto/Dok : Kadis Pertanian Kabupaten Kepahiang, Hernawan.--

RK ONLINE - Pemerintah Kabupaten Kepahiang melalui Dinas Pertanian akan menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Bahan Bakar Minyak senilai Rp 150 per orang selama tiga bulan. Bantuan akan diberikan kepada masyarakat petani khusus pemilik alat mesin pertanian seperti penggilingan kopi dan padi, traktor hingga kutipator maupun mesin rumput. 

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Kepahiang, Hernawan, S.PKP melalui Sekretaris Distan, Deva Yurita Ambarini, Mp menjelaskan,  setidaknya bantuan tersebut akan disalurkan ke 600 warga penerima manfaat. Diketahui total alokasi anggaran BLT-BBM untuk petani yang digelontorkan pada instansi tersebut senilai Rp 314 juta. Anggaran tersebut berdasarkan amanat PMK no 134/PMK.07.2022 tentang belanja wajib dalam rangka penanganan dampak inflasi tahun 2022.

Aturan tersebut mewajibkan pemerintah daerah untuk menyalurkan 2 persen dari dana transfer umum untuk bantuan sosial. Anggaran yang dialokasikan digunakan untuk tiga sektor. Yakni membantu masyarakat dengan bantuan sosial seperti tukang ojek, pelaku usaha mikro kecil dan menengah, serta petani maupun nelayan.

"Target ada 600 petani penerima manfaat bantuan tersebut, yang saat ini sedang dalam rekap dan validasi data yang sudah masuk ke Distan," kata Deva, Senin (10/10). 

 

BACA JUGA:Tidak Teregister, Tidak Dapat Bantuan

 

Sejalan dengan ketentuan regulasi pemberian bantuan sosial untuk menekan dampak inflasi tersebut, lanjut Deva, Dinas Pertanian akan mengacu pada peraturan yang ada. Sehingga bantuan ini tepat sasaran pada penerima manfaat. "Setelah rekap data dan verifikasi hingga validasi, barulah nanti akan ditetapkan penerimanya. Kemudian dilanjutkan ke tahapan penyaluran," pungkas Deva.

Sumber: