Tekan Stunting, DPPKBP3A Sebar Tim

Tekan Stunting, DPPKBP3A Sebar Tim

DOK/RK : Kepala Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Perlindungan Perempuan dan Anak (DPPKBP3A) Kabupaten Kepahiang, Linda Rospita, SH.l--

RK ONLINE - Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPKBP3A) Kabupaten Kepahiang diemban amanah menjadi koordinator dalam pencegahan dan penurunan kasus stunting. Timnya didukung kehadiran tim pendamping, terdiri dari Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK), bidan di setiap kecamatan dan desa.

DPPKBP3A juga mempunyai tim penyuluh keluarga berencana yang diturunkan langsung ke lapangan untuk melakukan tugas di dalam melakukan penyuluhan terkait kesehatan anak.  "Tim pendamping berjumlah 399 yang tersebar di seluruh kecamatan dan 117 desa/kelurahan. Semua bertugas dan masuk dalam tim percepatan penurunan stunting," kata Kepala Dinas DPPKBP3A Kabupaten Kepahiang, Linda Rospita, MH.

Ia menjelaskan, selain penyuluhan terkait dengan penanganan keluarga berencana, sekarang ini para tim juga telah melaksanakan kegiatan penyuluhan dan pendampingan keluarga berisiko stunting. "Mereka sebagai ujung tombak kegiatan percepatan penurunan stunting. Selain itu tim TPK juga ikut mendampingi calon pengantin sebelum menikah dan mengawasi ibu hamil mulai dari awal hingga melahirkan," ujar Linda.

 

BACA JUGA:Pernikahan Dini Karena Faktor MBA

 

Terkait pencegahan stunting, dilanjutkan Linda, pihaknya juga berkoordinasi dengan instansi terkait seperti Dinas Kesehatan, dan dinas instansi lainnya. Ini dalam rangka memperkuat peranan serta tugas dalam masing-masing OPD.

 

Sumber: