Lelang Mess Bandung Tetap Ditarget Tahun Ini

Lelang Mess Bandung Tetap Ditarget Tahun Ini

DOK/RK : MESS : Bangunan Mess Pelajar dan Mahasiswa milik Pemkab Lebong ditargetkan di lelang tahun ini.--

RK ONLINE - Bidang Aset BKD Kabupaten Lebong hingga saat ini masih berupaya menyelesaikan kelengkapan administrasi atas kepemilikan lahan Mess Pelajar dan Mahasiswa milik daerah yang ada di Bandung Jawa Barat. Yaitu berupa penerbitan ulang 4 sertifikat tanah yang hingga saat ini masih berproses di BPN Bandung. Bidang Aset tetap menargetkan penghapusan aset tersebut bisa terlaksana di tahun ini.

Kabid Aset BKD Lebong Rizka Putra Utama, SE, M.Si mengaku lahan seluas 6.544 meter persegi yang di atasnya dibangun mess tersebut terbagi dalam 8 sertifikat. Dari jumlah itu, hanya 4 sertifikat yang dikantongi. Sementara 4 sertifikat lainnya tak dalam penguasaan Bidang Aset. Sehingga harus dilakukan penerbitan ulang. Kemudian dilanjutkan dengan proses balik nama menjadi milik Pemkab Lebong.

"KPKNL baru bisa melaksanakan lelang jika lahan tersebut atas nama Pemkab Lebong. Itu salah satu syarat administrasi yang harus dilengkapi. Saat ini masih terus berproses, " kata Putra.

Meski ia mengakui prosesnya cukup rumit, namun tak ada perubahan target. Pihaknya tetap menargetkan di tahun 2022 ini segala bentuk kelengkapan administrasi dalam rencana penghapusan Barang Milik Daerah (BMD) itu bisa diselesaikan. Bahkan jika memungkinkan  pelaksanaan lelang juga dilakukan dalam tahun 2022 ini.

"Dari hasil koordinasi terkahir, BPN sudah memblokir 4 sertifikat lahan tersebut. Saat ini dalam proses penerbitan ulang sertifikat hingga proses balik nama, " tambahnya.

 

BACA JUGA:Sertifikat Mess Bandung, Putra : Prosesnya Ruet

 

Sebelumnya, Bupati Lebong Kopli Ansori berencana akan melakukan lelang terhadap Mess milik Pemkab Lebong yang berada di Bandung Jawa Barat. Kopli menilai aset tak bergerak itu saat ini tak lagi bermanfaat bagi warga Lebong.

Sebagai gantinya, Pendapatan Asli Daerah (PAD) hasil dari penghapusan aset tersebut akan digunakan untuk membangun rumah singgah di sekitaran RSUD M. Yunus Bengkulu yang dinilai akan jauh lebih bermanfaat. Diketahui Mess Pemkab Lebong yang ada di Garut Jawa Barat itu dibangun pada era bupati Dalhadi Umar. Mess itu dibangun untuk tempat tinggal bagi masyaratakat Lebong yang kuliah di Bandung Jawa Barat.

Sumber: