Dinas Dukcapil Rekam Data Kependudukan ODGJ

Dinas Dukcapil Rekam Data Kependudukan ODGJ

DOK/RK--

RK ONLINE - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Rejang Lebong terus memaksimalkan data administrasi kependudukan (adminduk) diwilayahnya. Bahkan Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) yang ada di Rejang Lebong tak luput menjadi sasaran Dinas Dukcapil. Dalam program ini Dinas Dukcapil bekerjasama dengan Dinas Sosial (Dinsos) untuk turun langsung ke lapangan melakukan program jemput bola.

Kabid Catatan Sipil Dinas Dukcapil Rejang Lebong, Ikhwan, SH mengatakan dari program jemput bola yang di lakukan di Kecamatan Curup Utara tercatat ada 10 ODGJ yang mendapakan pelayanan ini. Mulai dari mengaktifkan data kependudukan, pembuatan Kartu Keluarga (KK) hingga perekaman KTP-el. Program ini dipastikan akan berlanjut ke wilayah kecamatan-kecamatan lainnya yang ada di Rejang Lebong.

"Dalam pelayanan ini kita terlebih dahulu melakukan pendataan awal dari keluarganya. Apakah NIK-nya sudah terdaftar apa belum. Jika belum maka langsung kita lakukan perekaman, " jelasnya.

 

BACA JUGA:Bantuan PJU Tenaga Surya Tak Kunjung Tiba

 

Terpisah, Kepala Dinsos Rejang Lebong Gusti Maria, SH mengatakan dalam kegiatan ini pihaknya sekaligus memberikan paket bantuan kepada ODGJ. Mulai dari beras, telur hingga minyak goreng.

" Bantuan sembako ini kita berikan sebagai bentuk kepedulian kita kepada keluarga ODGJ. Sekaligus bekerjasama dengan Dinas Dukcapil dalam melakukan pelayanan adminduk kepada ODGJ yang ada di Kabupaten Rejang Lebong, " singkatnya.

Sumber: