Dinkes Pertama

Dinkes Pertama

DOK/RK : Kepala Dinkes Provinsi Bengkulu, Herwan Antoni--

RK ONLINE - Launching hari bebas kendaraan atau car free day (CFD) di kawasan pantai panjang Kota Bengkulu direncanakan akan diselenggarakan oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu pada minggu keempat bulan ini. Dari hasil rapat yang telah dilaksanakan Pemprov, CFD yang sempat  terhenti selama dua tahun terakhir akibat adanya wabah pandemi Covid-19 ini akan dilaunching langsung oleh Gubernur Bengkulu, Dr. H. Rohidin Mersyah, M.MA dengan rute mulai dari bundaran kawasan Pantai Pasir Putih hingga kawasan Taman Berkas.

Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Bengkulu ditunjuk menjadi leading sektor atau yang bertanggung jawab untuk pelaksanaan pertama kegiatan tersebut. Pelaksananya selanjutnya akan dibebebankan oleh setiap OPD Pemprov Bengkulu secara bergiliran.  

"Dinkes sendiri telah menyiapkan berbagai kegiatan dalam CFD seperti senam germas, pemeriksaan kesehatan, cek darah di 20 titik, 2 titik donor darah, hingga pembagian tablet darah bagi pelajar dan layanan vaksinasi Covid-19," ungkap Kepala Dinkes Provinsi Bengkulu, H. Herwan Antoni, SKM, M.Kes, M.Si.

 

BACA JUGA:CFD Kembali Digelar, Masyarakat Diwarning Jaga Kebersihan

 

Selain itu, dalam CFD juga direncanakan akan dilakukan pembagian Kartu Bengkulu Sehat (KBS) JKN-KIS yang berasal dari pembiayaan APBD daerah. "Setiap OPD nantinya akan melakukan berbagai aktivitas di kaplingan masing-masing, bisa kegiatan dalam bentuk bazar, produk UMKM, produk-produk sosialisasi tentang pelayanan publik," pungkas Herwan.

Sumber: