September, Dinkes Provinsi Catat Ada 109 Kasus Covid-19

September, Dinkes Provinsi Catat Ada 109 Kasus Covid-19

DOK/RK : Kabid Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit (P2) Oktomi Harlena--

RK ONLINE - Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Bengkulu mencacatkan dalam sebulan terakhir ada peningkatan kasus Covid-19 di wilayah Bengkulu. Sepanjang September lalu ada penambahan kasus Covid-19 sebanyak 109 kasus yang tersebar di wilayah Bengkulu. 

Kepala Dinkes Provinsi Bengkulu, Hewan Antoni, SKM, M.Kes, M.Si melaui Kepala Bidang Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit (P2P) Dinkes Provinsi Bengkulu, Oktomi Harlena, SKM, M.Si menyampaikan, dengan adanya lonjakan kasus Dinkes bersama jajaran juga melakukan pemeriksaan dengan jumlah spesimen yang diperiksa ikut meningkat.

"Hingga 1 Oktober 2022, ada tambahan 5 kasus positif yang masing-masing 1 kasus tersebar di Kota Bengkulu, Kepahiang, Rejang Lebong, Bengkulu Utara dan Seluma," jelasnya. 

Selain penambahan kasus positif Covid-19, ada juga tambahan kasus sembuh sebanyak 8 pasien masing-masing dari Kota Bengkulu sebanyak 1 pasien, Bengkulu Utara 6 pasien dan dari Kabupaten Mukomuko 1 pasien. Sehingga untuk kasus aktif masih terdapat 42 kasus yang saat ini masih menjalani pengobatan dan isolasi mandiri. 

Dengan adanya peningkatan kasus ini, Dinkes menghimbau masyarakat untuk tetap patuh menjalankan Protokol Kesehatan (Prokes) serta diminta untuk segera mendapatkan vaksinasi lengkap bagi yang belum. 

"Kita minta masyarakat untuk mematuhi prokes agar terhindar dari Covid-19, dan ikut vaksin lengkap," sampai Oktomi. 

Selain itu, bagi masyarakat yang kondisi tubuh atau kesehatannya dirasa memburuk dihimbau agar segera periksa diri ke fasilitas kesehatan (Faskes) terdekat untuk dilakukan pemeriksaan dan tidak lanjut pengobatan yang diperlukan. 

"Harapan kami juga untuk masyarakat yang memiliki keluhan atau kurang sehat agar segera mengunjung faskes yang ada untuk mendapatkan pengobatan dan perawatan," himbau Oktomi. 

 

BACA JUGA:Masih Pandemi, PMI Tetap Laksanakan Vaksinasi Covid-19

 

Dinkes juga hingga saat ini terus mendorong Dinkes kabupaten/kota untuk mempercepat vaksinasi agar cakupan vaksinasi Covid-19 di wilayah Bengkulu dapat optimal secara menyeluruh. 

Tercatat, hingga awal Oktober realisasi vaksinasi Covid-19 di Provinsi Bengkulu untuk penyuntikan dosis 1 sudah mencapai 85,06 persen atau disuntikkan kepada 1,4 juta jiwa, dosis 2 mencapai 67,17 persen atau disuntikkan kepada 1,1 juta jiwa. Sedangkan untuk booster baru mencapai 29,07 persen atau sudah disuntikkan kepada 391 ribu jiwa. 

"Untuk booster kedua atau dosis 4 yang ditujukan para Tenaga Kesehatan (Nakes) sudah mencapai 19,74 persen  atau terealisasi 3.054 nakes di 10 kabupaten/kota," singkat Oktomi.

Sumber: